Ibnu Sina Medical Competition 2020, Kedokteran Unismuh Raih Juara Nasional

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Tim Fakultas Kedokteran Unismuh  Makassar berhasil meraih juara nasional I dan II pada Lomba Karya Tulis Ilmiah dan  Lomba  Poster Publik Ibnu Sina Medical Competition 2020 (ISMC 2020) untuk mahasiswa.

Lomba ini digelar Jum’at, 10 Januari 2020 kemarin. Kedokteran Unismuh Makassar berhasil mengalahkan 8 tim rivalnya pada putaran final ISMC 2020 Cabang KTI.

Demikian ditegaskan Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, Asri Jaya SE MM kepada media, Ahad, (12/1/2020).

Dijelaskan, lomba ini mengusung tema Herbal Medicine. Kedokteran Unismuh Makassar menurunkan tim,  Muh Riswanda Yar Yara, Sagena Nurul Carisma dan Arista Ardiyan Hamzah, raih Juara 1 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Tim poster publik Arsyllah Anwar, Wulan Masri, Maulia Mauman serta tim Muh Abiyudo, Ainun Jariah, Muh Riswanda Yar  Yara meraih juara II.

Baca Juga:  AMCF Dubai  Mr. Khoory Bangun Masjid Besar di Unismuh

“Perjuangan keras tim Kedokteran  Unismuh Makassar pada lomba KTI dan Poster Publik, luar biasa, dimulai proses pengiriman karya, seleksi finalis sampai presentase telah mempersiapkan secara matang,” kata Asri.

Ketua tim KTI Muh Riswanda Yar Yara, usai terima piala, dia mengungkapkan rasa bangga karena telah berhasil meraih tempat terhormat. 

“Kami sangat senang dan bangga. Hal ini akan terus memotivasi untuk lebih memperdalam kajian kami terutama tentang herbal medicine. Serta berusaha maksimal lagi di kompetisi selanjutnya untuk mengharumkan almamater sehingga lebih dikenal lagi di kompetisi nasional,” ujarnya.

Metua tim poster publik Abiyudo Nugroho menyampaikan apresiasi tak terhingga kepada panitia ISMC 2020, sebab kegiatan ini memberikan wadah bagi peneliti muda untuk terus berkarya.

“Mempresentasekan karya di depan para juri merupakan kepuasaan tersendiri. Saya harap Universitas Muslim Indonesia akan tetap melaksanakan kegiatan ini tiap tahun,  sebagai wadah peneliti muda menyalurkan bakat dan karya,” katanya.

Baca Juga:  Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia Kuliah Sambil Kerja

“Diharapkan karya ini dapat dipublikasikan ke khalayak untuk  diimplementasikan. Tidak hanya gagasan semata,” ujarnya.

Juri KTI ISMC 2020, dr Andi Weri Mappasompa SpS, menyatakan rasa bangga kepada seluruh finalis sosok  generasi muda luar biasa dengan pemikiran tentang kesehatan berkualitas

“Ternyata mereka bukan generasi yang apatis terhadap permasalahan dunia kesehatan terutama terkait ilmu herbal medicine. Mereka adalah generasi muda yang responsif. Ini terlihat dari karya-karya ilmiah mereka,” tegas Andi Weri.

“Tema mereka sangat bagus, karya mereka dapat menjadi acuan untuk perkembangan ilmu herbal di Indonesia,” terangnya.

“Kegiatan perlombaan ini perlu diadakan kontinu tiap tahun serta perlu dimasifkan ke depan, karya mereka ini dipublikasikan, dan ini jadi tantangan kampus FK lain di Makassar khususnya membuat kegiatan seperti ini juga,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.