Ini Alasan Lutfi Hanafi Pakai Songkok Recca di Surat Suara Pilkada Pangkep

INIPASTI.COM, PANGKEP, — Songkok recca menjadi ciri khas Lutfi Hanafi di Pilkada Pangkep. Atribut itu senantiasa menutupi kepalanya, baik saat berkampanye hingga di gambar surat suara Pilkada Pangkep 2020.

Lutfi mengungkapkan alasan dirinya sering mengenakan songkok recca. Yakni sebagai wujud pelestarian peninggalan sejarah zaman dulu.

Inline Ad

“Saya telah menggunakan songkok recca ini sudah kurang lebih 2 tahun. Bagi saya, songkok recca ini memiliki makna filosofi yang sangat tinggi selain melestarikan adat Bugis juga. Agar masyarakat itu mengingat bagaimana perjuangan raja-raja melawan penjajah pada zaman dahulu kala,” jelas mantan Dirut Perusda Pangkep ini.

Baca Juga:  Gakkumdu Periksa Pasangan Adama, Terkait Laporan Dugaan Politik Uang

Pasangan Andi Nirawati di Pilkada Pangkep ini mengatakan, songkok recca ini sebagai salah satu bukti sejarah, bahwa di Kabupaten Pangkep, pernah ada sebuah kerajaan besar yang memiliki peran penting dalam melawan penjajah.

“Yang kita kenal sebagai kerajaan tertua, yaitu Kerajaan Siang yang menurut para pendahulu kami, itu berada di Sengkae, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro,” tambah calon wakil bupati nomor urut 4 ini.

Bagi Lutfi Hanafi, Songkok Recca ini juga bermakna Appaka Sulapa. Yang artinya empat arah atau unsur. Yaitu api, angin, air, dan tanah. Keempat unsur ini, merupakan suatu perpaduan ciptaan tuhan dan menjadi kebutuhan seluruh penduduk dunia.

Baca Juga:  Polisi dan Ormas Pemuda di Sulsel Antisipasi Ancaman Radikalisme di Pilkada

“Alhamdulillah, sekarang saya juga berniat mewakafkan diri saya untuk kemajuan kabupaten kelahiran saya ini Kabupaten Pangkep tercinta. Semoga di mata masyarakat, saya juga diibaratkan sebagai Appaka Sulapa, yang menjadi simbol kebutuhan seluruh masyarakat. Dan menjadi pemimpin dan pemberi solusi untuk kesejahteraan warga Pangkep,” jelasnya.

(Muh. Seilessy)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.