Investor Lirik Kawasan Industri di Bantaeng 

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Kabupaten Bantaeng, saat ini menjadi salah satu daerah di mana Pemerintah Pusat menjadikannya sebagai daerah pengembangan Industri. Bahkan di sana dibangun satu kawasan yang disebut Kawasan Industri Bantaeng atau  Bantaeng Industrial Park (BIP).

Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah mengungkapkan saat ini di kawasan BIP semua masih dalam tahapan on proses. Bahkan sudah ada yang melirik untuk membangun kilang minyak di sana.

“Semua masih dalam tahap proses, ada juga ingin membangun power plan, dengan tenaga gas semua masih dalam proses untuk masuk di sana,” kata Nurdin, Sabtu kemarin.

Baca Juga  Tahap Pertama Sukses, Jokowi Tetap Ajak Pengusaha Ikut Tax Amnesty

Ia menambahkan, saat ini Bantaeng masuk dalam prioritas Pemerintah Pusat di mana semua ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, (RPJMN).

“Kawasan industri di sana cukup bagus, terbukti sudah ada beberapa yang lirik. Ada juga dari BUMN,” ujar Nurdin.

Nurdin mengakui, saat ini tinggal menunggu progress selanjutnya karena mereka telah menyatakan ketertarikannya untuk masuk dalam BIP tersebut. Sedangkan untuk progres smelter  juga masih terus dilakukan, saat ini mereka sedang menunggu harga nikel kembali normal, untuk kemudian akan diolah lagi.

Baca Juga  LKPJ Fraksi Terlambat, Ini Kata SYL

Sementara itu secara terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah Pelayanan Satu Pintu (PTSP), AM Yamin belum mendapatkan informasi adanya investor baru yang melirik kawasan BIP di sana, menurutnya bisa saja ada pembicaraan personal antara daerah yang dituju untuk membuka investasi.

Baca Juga  Provinsi Sulsel Terkontrol Inflasinya

“Mungkin memang ada, tapi belum informasinya sampai pada kami. Biasanya calon investor menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah langsung. Tapi ada juga yang melalui provinsi,” terang Yamin.

Yamin menjelaskan, dua hari yang lalu dirinya mendapatkan telpon dan ada yang berminat  melakukan investasi di sana. Cuma tidak bisa langsung masuk dilihat hasilnya, karena inikan investasi prosesnya panjang. (Iin Nurfahraeni)

Leave a Reply