Jalan Tol Maros-Sungguminasa-Takalar Diusulkan Masuk PSN

Pelaksana tugas Kepala Bappedalitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Junaedi (Internet)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pemerintah pusat saat ini terus melanjutkan sejumlah pengerjaan infrastruktur, yang masuk dalam  Proyek Strategis Nasional (PSN).

Inline Ad

Di antara PSN sektor infrastruktur ada 64 proywk jalan tol yang masuk dalam perubahan kedua atas Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, menjelaskan sebanyak 14 ruas tol dari 64 proyek tol PSN tersebut kini telah beroperasi penuh. Saat ini, Kementerian PUPR telah memproses usulan 9 proyek tol tambahan dimasukkam ke dalam daftar PSN,  “Ada 4 ruas dimasukan ke dalam penambahan lingkup PSN sebelumnya, dan 5 usulan lain adalah ruas baru.” seperti dilansir dari katadata.co.id

Data Kementerian PUPR menyebutkan ada  4 jalan tol yang bakal ditambahkan dalam lingkup PSN lama antara lain ruas Ngawi-Kertosono-Kediri, Bogor Outer Ring Road (BORR), Depok-Antasari, Solo-Yogyakarta-New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo.

Sedangkan,5 jalan tol baru yang diajukan sebagai Proyek Strategis Nasional di antaranya ruas Gedebage (Bandung)-Tasikmalaya-Cilacap, akses Pelabuhan Patimban, Semarang Harbour Toll Road, Maros-Sungguminasa-Takalar, Samarinda-Bontang.

Baca Juga:  Jelang Pencoblosan, Jokowi Ingatkan Masyarakat Hati-Hati Terhadap Hoaks

Pelaksana tugas Kepala Bappedalitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Junaedi menyebutkan proyek jalan Tol Maros-Sungguminasa-Takalar yang akan diusulkan ini adalah proyek jalan Bypass Mamminasata yang sebelumnya adalah jalan lingkar terkendala dengan lahan.

“Ini bukan program baru, tahun lalu itu masih terkendala lahan sehingga baru masuk,” kata Junaedi.

Menurutnya, ada sejumlah proyek masuk dalam proyek prioritas strategis. “Ada sekitar enam protitas,  yang masuk dalam psn ada juga lanjutan seperti Kereta Api Trans Sulawesi, kemudian pembangunan bendungan,” sebutnya.

Seperti diketahui,
Proyek jalan Bypass Mamminasata yang akan menghubungkan Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar sejak dimulainya pembangunan sampai saat ini tidak mengalami progres yang bagus

Bahkan, diawal tahun 2018 lalu, BBPJN XIII sempat mengusulkan agar jalan “bypass” Mamminasata yang awalnya dirancang sebagai jalan bebas hambatan (highway) diubah menjadi jalan tol agar pengerjaannya dapat diselesaikan lebih cepat.

Selain jalan Tol Maros-Sungguminasa-Takalar, Junaedi mengaku bahwa Pemerintah Provinsi akan membangun proyek jalan tol pesisir laut dimana ini menggunakan sistem investasi.

Baca Juga:  Rakor Kemenkomarves,  Wagub Sulsel : Hindari Cluster Pilkada 2020

Sedangkan untuk Tol, Junaedi menyebutkan yang direncanakan adalah tol pesisir laut menghubungkan Makassar Bantaeng mengkoneksikan tiga kawasan industri, Makassar, Takalar, dan Bantaeng.

“Tol pesesir sementara  tim konsultan sedang membuat studi kelayakan, kalau yang begini perencannanya saja butuh waktu satu tahun kurang lebih, Karen studi  studi kelayakan, baru DED nya, setelah DED baru lelang.” ujar Junaedi

Selain, proyek jalan tol ia mengaku bahwa Sulsel juga mendapat sejumlah proyek prioritas diantaranya,  Pengembangan Kawasan Industii pada Kawasan Pembangunan Makassar dan Sekitarnya di kabupaten Takalar,
Revitalisasi Tambak di Kawasan Sentra Produksi pada Kawasan Pembangunan Makassar di kabupaten Takalar, kemudian ada di Watampone, Bone dan Palopo, Luwu.

Kemudian ada pengembangan wilayah Metropolitan Mamminasata yang difokuskan untuk meningka tkan share PDRB wilayah Metropolitan Mamminasata, ada juga pembangunan  sistem angkutan umum massal perkotaan di wilayah perkotaan Mamminasata. Ada juga pembangunan waduk multiguna yang difokuskan pada penyediaan air baku untuk mendukung ketahanan pangan pada kawasan Mamminasata di  Pammukkulu, Kabupaten Takalar dan pada kawasan Parepare dan sekitarnya di Saddang kabupaten Pinrang.

Baca Juga:  Para Ketum Parpol Pengusung akan Dampingi Jokowi Kampanye Akbar

Yang terakhir, itu pembangunan rumah susun sewa/miltk di kawasan perkotaan Makassar dan Sekitarnya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap perumahan layak, aman dan terjangkau.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 10 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.