Site icon Inipasti

Jamaah berurai Air Mata Dengan Khutbah Idul Qurban di Masjid Al-Abrar

INIPASTI.COM – Pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 H, yang berlangsung di Masjid Besar Al-Abrar, Jalan Sultan Alauddin No.82, Sabtu 9 Juli 2022 berlangsung lancar.

Para jamaah yang datang berbondong-bondong memenuhi masjid, mulai lantai dasar hingga ke lantai III, bahkan melubar sampai halaman masjid.

Ustaz Drs. Alamsyah M.Hum yang bertindak selaku khotib Idul Adha, menyampaikan dengan gaya penuh haru, tentang kesiapan pengorbanan anak saleh, Nabi ismail, AS yang rela dan ikhlas untuk dipotong oleh ayah kandungnya Ibrahim.

Penggambaran suasana di saat-saat akan membawa ke tempat pemotongan dan berakhir dengan ditemukannya Ismail dalam kondisi segar bugar, membuat sebahagian jamaah meneteskan airmata.

Betapa kesediaan dan keikhlasan untuk sebuah pengorbanan dan keikhlasan dalam memenuhi ujian dari Allah SWT.

Ustaz Drs. Alamsyah, M.Hum merupakan dosen pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi di Kampus II UIN Samata.

Suami dari Nurhayati dan ayah tiga orang anak, lahir di Pinrang Kecamatan Patampanua, tgl 31 Desember 1966.

Mengaku sebagai warga NU tulen, namun dalam gerak dakwahnya, merambah menjadi Pengurus dan anggota Muhammadiyah, bahkan menjadi jamaah tabliq serta ikut mendirikan dan membesar wahdah islamiyah.

Gerakan dakwah itu harus selalu digelorakan, tanpa harus membenturkan satu sama lain, karena sesungguhnya semua benar, tinggal pemahaman kita tentang moderasi beragama yang masih perlu terus ditumbuhkembangkan, tuturnya dalam suasana perbincangan di Kampus UIN di Samata Gowa.

Sebagai alumni pertama dari Jurusan Penyiaran Penerangan Agama Islam (PPIA) pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) angkatan I tahun 1988, berhasil mempersunting rekan seangkatannya Nurhayati Alamsyah yang kini telah dikarunia tiga anak dan saat ini bertempat tinggal di Jalan Kare Makkawari Samata Gowa.

Di Kompleks perumahannya, sekaligus menjadi laboratorium pengembangan tanaman hidroponik bersama putranya, kini pemasarannya sudah menjangkau hingga ke berbagai mol dalam Kota Makassar.

Sementara itu, Suhardi Dg Rurung,S.Sos yang dipercayakan untuk membacakan laporan tentang sapi dan kambing untuk qurban tahun ini mengatakan.

Jumlah seluruhnya Sapi Qurban yang akan dipotong pada Masjid Besar Al-Abrar sebanyak 15 ekor, 13 ekor di potong di halaman Masjid Al-Abrar, dan dua diantaranya dikoordinir oleh rumpun keluarga H.Zainuddin.

Adapun qurban untuk sapi dilaporkan sebanyak 15 ekor, dan pada hari ini pemotongan dimulai sebanyak 12 ekor dan satu diantaranya, akan disembelihbesok pagi, tutur Suhardi.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 H yang berlangsung khidmat, dipimpin Imam rawatib, Lahamuddin Kalombeng,S.Ag. Usai pelaksanaan acara dilanjutkan dengan fose bersama pengurus serta memenuhi undangan makan pagi di rumah kediaman Ketua Pengurus Masjid Al-Abrar, H.Hilal Kadir,SE di Jalan Bontoduri Raya Makassar (syakhruddin)

Exit mobile version