Jelang Pemilu, Diskominfo Makassar: Berita Hoaks Meningkat

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Menjelang Pemilihan Umum 2019 pada April mendatang, Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Makassar Ichwan Jacub menyebut jumlah berita hoaks mengalami peningkatan signifikan.

“Mendekati pesta demokrasi ini, peningkatan jumlah pemberitaan yang sifatnya tidak benar semakin gencar di lakukan oleh masyarakat. Kami juga bergerak cepat mengantisipasi ini tidak semakin marak,” katanya.

Ia menambahkan, berita hoaks yang beredar terutama menjelang pemilu sangat meresahkan masyarakat apalagi secara umum kenaikannya sampai tiga kali lebih besar dari sebelumnya.

Baca Juga:  Pemprov Sulsel Anggarkan Untuk Pengadaan Komputer di Sekolah

“Berita bohong atau hoaks yang ada saat ini memang sangat mengkhawatirkan. Kami sudah mengimbau juga, jangan terlalu cepat mempercaya satu informasi jika sumber kebenarannya itu belum pasti,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatka Rudiantara menyebutkan konten berita yang bermuatan bohong atau hoaks meningkat cukup tajam terutama, terkait dengan politik.

Rudiantaran menyebutkan pada bulan Agustus 2018 lalu yang teridentifikasi dan sudah validasi ada 25 berita, sedangkan pada bulan September naik menjadi 27 berita

Baca Juga:  Manajemen SHIAM Kirim Bantuan Kepada Korban Bencana di Sulteng

Sedangkan, pada Oktober naik 53, November 63, Desember 75, Januari 175 dan di Februari sebanyak 353 hoaks

(Resti Setiawati)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.