Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Temui Pj Wali Kota

INIPASTI.COM, MAKASSAR –   Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar menemui Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb dalam rangka membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilakukan pada 2020 mendatang.

Dalam pertemuan tersebut, Iqbal mengaku telah menerima ajuan anggaran dana hibah yang diperuntukkan untuk pelaksanaan pilkada

“Kami sudah menerima proposalnya, dan memang sudah prosedurnya 12 bulan sebelum pelaksanaan Pilkada kita sudah harus siap – siap. Rencananya September tahun 2020 Pilkadanya dilaksanakan serentak,” ucap Iqbal usai ditemui Bawaslu Kota Makassar, di Rujab Wali Kota Makassar, Rabu (19/06/19)

Baca Juga:  Cerita RMS Soal Proyek yang Akan Diresmikan Jokowi

Selain menerima proposal, Iqbal juga membahas  mengenai pelbagai persiapan Pilkada serta potensi masalah Pemilu di sejumlah daerah.

“Saya liat masalahnya itu kurang bagusnya sistem pembagian TPS. Karena masih banyak masyarakat yang bingung TPSnya di mana, dan juga di undangan pemilih tidak ada alamat lengkap TPS,” katanya.

Olehnya, itu Iqbal pun akan lebih memperhatikan fungsi dan peran camat, lurah hingga RT/RWnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Nursari mengungkapkan jikalau perkiraan kebutuhan anggaran untuk Pilkada serentak di tahun 2020 mendatang mencapai Rp 20 Miliar.

“Ini ada terjadi peningkatan dibanding tahun 2018 lalu. Untuk tahap persiapan  kita minta 1/3 dari total anggaran dulu,” sebutnya.

Baca Juga:  Haidar Majid Sosialisasi Perda Pengarusutamaan Gender di Hadapan Warga

Hal itu dikarenakan adanya item – item tambahan yang akan dilakukan seperti penambahan 300 TPS dari sebelumnya 2.670 TPS di tahun 2018 lalu.

Selain itu, anggaran belanja tersebut  bakal digunakan juga untuk membiayai pengawasan pada setiap tahapan Pilkada, terutama membayar tenaga pengawas ad-hoc.

(Resti Setiawati)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.