Jokowi Entrepreneur Bahas Membangun Usaha di Era Digital

Moderator Oki Sukirman sedang memandu tiga pengusaha muda untuk memaparkan strategi dalam sebuah acara talk show di Caffe Masakini Good and Galleri jalan Pengayoman Makassar, Sabtu (6/3).

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Banyak strategi dalam membangun sebuah usaha atau bisnis. Dalam menjalankan sebuah usaha tentu banyak kendala, mulai dari masalah utama modal, pegawai, sampai pada pilihan usaha bagi mereka yang kategori pemula.

Hal tersebut diungkapkan owner Chick n Roll dan liryc karaoke, Nikko Yarizoko pada talk show sharing and collaboration to develop your business yang di inisiasi oleh Jokowi Entrepreneur (Joker) dengan tema membangun usaha di era digital bertempat di Masakini Good and Gallery di jalan Pengayoman Panakkukang Makassar, Sabtu (6/3).

Menurut Nikko, seorang pengusaha tidak selamanya akan berada di posisi aman dalam membangun usahanya. Namun biasa ada yang jatuh sehingga perlu mengetahui cara untuk bangkit dari situasi tersebut.

“Harus kita tau cara untuk memanjat jika kita habis jatuh,” ucap Nikko.

Baca Juga:  Nurdin Abdullah Ingin Kembalikan Kejayaan Udang Sitto

Sementara itu owner RSIA Ananda, dr Fadli Ananda MKes. SpOG juga punya pengalaman dalam membangun sebuah usaha rumah sakit Ananda yang terletak di Jalan Andi Djemma, Makassar.

Dalam pengalamanya, ia mengaku usahanya pernah mengalami kendala masa-masa sulit. Namun ia berhasil keluar dari kondisi tersebut dan bisa berjalan normal hingga saat ini.

Ia menceritakan awal membagun rumah sakit ia mengajak semua teman-temannya alumni Fakultas Kedokteran untuk melakukan usaha bersama.

“Kita membuat suatu sistim agar dokter bisa diajak kerjasama diantaranya mengikutkan kursus atau pendidikan ke luar negeri”ujar owner RSIA Ananda ini.

Cerita berbeda dari owner Tanijay dan fishOn Ajib Hamdani yang memilih berani keluar dari zona nyaman sebagai seorang aparat sipil negara (ASN). Ia memilih keluar dan membangun usaha.

Baca Juga:  Proyek Kereta Api Trans Sulawesi Banjir Investor

Menurut Ajib tantangan kedepan prospek usaha harus ikut membaca perkembangan di era digital.

“Harus punya dasar. Meski saya tidak lagi sebagai PNS tapi saya juga menilai jika profesi sebagai ASN tersebut masih tetap bagus dan diminati banyak orang,” ujarnya.

Menurutnya dalam memulai usaha, dibutuhkan motivasi lebih awal. Modal bukan faktor utama. Sebab meski ada modal jika tak punya motivasi maka dukungan modal usaha bisa sia-sia.

Kegiatan Talk Show yang di inisiasi oleh Jokowi Entrepreneur (Joker) tersebut dipandu oleh moderator Oki Sukirman dan dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai profesi.

(Muh. Seilessy)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.