Jokowi Indikasikan Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengindikasikan akan memindahkan ibu kota baru ke Pulau Kalimantan. Hal tersebut diungkapkannya seusai menghadiri dialog dengan kaum buruh di Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (30/4).

“Bisa Sumatra, tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah, tapi di barat juga kurang. Di Kalimantan kok di tengah-tengah, kira-kira itulah,” kata Jokowi.

Menurut dia, terdapat tiga kandidat lokasi yang paling potensial dijadikan ibu kota baru. Namun Jokowi enggan membocorkannya. Ia hanya mengatakan bahwa saat ibni pemerintah masih mengalisis daya dukung lingkungan dan memetakan risiko bencana terhadap semua opsi.

Baca Juga:  Samsung Perkenalkan Samsung Galaxy Tab S3 di MWC 2017

“Kemudian nanti pengembangan ibu kota ke depan apakah masih memungkinkan. Semua kalkulasi harus dirampungkan dulu nanti disampaikan ke saya nanti, saya putuskan,” ujar Jokowi.

Dia mengatakan, Indonesia memiliki 17 ribu pulau, namun 57 persen penduduknya tinggal di Pulau Jawa. “Sehingga daya dukung baik terhadap lingkungan ke depan sudah tak memungkinkan lagi. Sehingga kemarin saya putuskan, (ibu kota) di luar Jawa pindah,” ucapnya menjelaskan. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.