Jusuf Kalla: Hoaks Turunkan Elektabilitas Jokowi

Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla mengatakan, serangan berita bohong atau hoaks mampu menurunkan elektablitas Jokowi-Ma’ruf dalam pilpres 2019.

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA – Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla mengatakan, serangan berita bohong atau hoaks mampu menurunkan elektablitas Jokowi-Ma’ruf dalam pilpres 2019. Menurutnya, TKN memang harus menangkal hoaks-hoaks yang menyerang Jokowi-Ma’ruf.

“Hoaks itu memang bisa memperlambat atau menurunkan, tapi harus dibalas juga, harus diklarifikasi,” kata JK saat diwawancarai awak media di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/3).

Namun, kendati cukup banyak hoaks yang menyerang Jokowi-Ma’ruf, menurut JK, elektabilitas keduanya menunjukkan tren yang positif. “Yang jelas dari hari ke hari, angka elektabilitas Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin itu naik,” ujarnya.

Baca Juga:  Gempa Melanda Jakarta, Syahrul Harap Tak Ada Korban Jiwa

Sebelumnya Jokowi sempat mengakui bahwa elektabilitasnya menurun akibat hoaks yang menyerang dan menyudutkan dirinya. “Di banyak daerah turun elektabilitas karena hoaks. Kita harus respons cepat,” katanya saat berpidato di Festival Indonesia Satu di Gedung Istora Senayan pada Minggu lalu.

Menurut dia, penyebaran hoaks saat ini tidak hanya terjadi di media sosial, tapi juga dari pintu ke pintu. “Jangan sampai tidak direspons, ini harus dilawan. Sekali lagi ini harus dilawan,” ucapnya. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.