Jusuf Kalla Sebut Pemilihan Ibu Kota Baru Tak Mudah

Keterangan Foto: Wakil Presiden Republik Indonesia Mohammad Jusuf Kalla (FOTO: Ahadri)

JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemilihan ibu kota baru Indonesia di luar Pulau Jawa tidak mudah. Oleh sebab itu, pemerintah belum menetapkan lokasi atau kota mana yang akan dipilih.

“Belum diputuskan di mananya, karena ada syaratnya lagi. Ada 10 syaratnya. Sudah disepakati syaratnya, yang diajukan Bappenas itu. Syaratnya berat memang, memilihnya tidak mudah,” kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/4).

Adapun syarat-syarat tersebut antara lain, letaknya harus strategis, berada di tengah Indonesia, penduduknya harus memiliki tingkat toleransi yang baik, memiliki risiko kecil terhadap bencana alam, dan daerah itu harus memiliki sedikitnya 60 ribu hektare lahan kosong.

Baca Juga:  Syahrul Dijadwalkan Hadiri Musda Soksi Sulsel

Melihat kriteria atau persyaratan tersebut, JK menilai ibu kota baru kemungkinan berada di Kalimantan atau Sulawesi. “Boleh di Kalimantan, boleh di Sulawesi. Contohnya yang memenuhi di tengah itu Siulawesi, tapi tidak ada lahan kosong yang siap,” ujarnya.

Baca Juga:  Tapak Suci Banten Kirim 32 Utusan ke  Muktamar XV di Makassar

Pada Senin lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas pemindahan ibu kota. Dalam rapat tersebut, Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.