Kakanwil Agama  Harap Pesantren  Bisa Bawa Bangsa Lebih Maju

Kepala Kantor Kemenag Provinsi Sulsel, H Anwar Abubakar foto bersama dengan pengurus Pondok Pesantresn Darul Arqam Muhammadiyah Gombara.-ist-

INIPASTI.COM, MAKASSAR- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel,  H Anwar Abubakar, S.Ag, M.Pd mengharapkan  pesantren  bisa  menjadi pilar utama  sekaligus garda terdepan untuk membawa Bangsa Indonesia  lebih maju dan lebih baik.

Dikatakan,  dunia pesantren saat ini telah menghadapi dua tantangan, yakni tantangan internal dan tantangan eksternal.

Tantangan internal yang dimaksud adalah,  bagaimana pesantren  mempunyai ciri khas, roh dan marwah. Pesantren ini dikenal dengan bahasa Arabnya di tahun 80-90-an. Hal ini perlu dirawat dan ditingkatkan.

Sementara tantangan eksternal adalah termasuk  perkembangan dunia saat ini  yang sangat luar biasa. Kehidupan di duni nyata dan kehidupan dunia virtual ( maya). Dan bahkan banyak pakar berpendapat bahwa di tahun 2040 nantinya akan ada 50 juta  pekerjaan akan hilang dan digantikan dengan teknologi, mesin atau robot.

Baca Juga:  Unasman Kerjasama Pembinaan Ekstrakurikuler SDN 017 Manding Polman

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel, H Anwar Abubakar mengatakan hal ini ketika menghadiri Milad ke-48 dan penamatan angkatan ke-42 Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara, baru-baru ini. Dalam acara milad hadir sejumlah alumni  angkatan tahun 1985.

Untuk bisa eksis kedepan, pesantren sudah saatnya terbuka dalam hal penguasaan teknologi dan informasi. Karena menurutnya di pesantrenlah pendidikan sangat sempurna dan lengkap.

Anwar dalam sambutannya menyebut  sebuah filosofi, yang mengatakan pelaut yang ulung terlahir dari ombak  yang besar dan ganas. Pesantren Darul Arqam  Muhammadiyah Gombara ini telah berusia 48 tahun dan sampai sekarang ini tetap eksis  dalam menunjukkan perannya di masyarakat. “Ini tandanya pesantren ini berkualitas,”tandas mantan Kepala Kantor Agama Kab. Gowa.

Baca Juga:  300 Alumni STIKES Bina Bangsa Majene Lolos CPNS Jalur  PTT  

Diakhir sambutan Kakanwil Kemenag, siap memberikan bantuan  untuk pembangunan Mushollah putri, dan sebelumnya juga Kepala Bidang Pontren Kanwil Agama  pernah berjanji untuk memberikan bantuan  pembangunan asrama.

Sekadar diketahui dalam rangkaian milad ke-48 beberapa rangkaian acara digelar, yakni,  pawai ceria, donor darah, bazar dan dialog berkemajuan. Sementara untuk penamatan angkatan ke-42 berhasil menamatkan  santri untuk tingkat M dan SMK sebanyak 62 orang.-nasrullah-

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.