Kementan: Maksimalkan Alsintan Mendukung Pertanian Tahun 2021

INIPASTI.COM, JAKARTA – Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), bakal menggenjot produktivitas pertanian di tahun 2021. Untuk mendukung hal tersebut, penguatan alat dan mesin pertanian (Alsintan) disiapkan.

Sebagai upaya modernisasi dan efisiensi proses pertanian, keberadaan alsintan meringankan cost produksi petani. Selain itu, minat kaum muda untuk bertani diharapkan bergairah di masa mendatang.

Inline Ad

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan alsintan memiliki peran penting dalam penyediaan pangan untuk mendukung ketahanan pangan.

“Penyediaan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia adalah hal yang penting. Dan hal tersebut menjadi bagian dari ketahanan pangan. Dengan alsintan, kita ingin memastikan penyediaan pangan tidak terkendala. KIta juga berharap petani bisa memaksimalkan peran alsintan untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” katanya, Minggu (3/1/2021).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy menyampaikan harapan serupa.

“Alsintan adalah bentuk bantuan dari Pemerintah. Bantuan alsintan ini merupakan stimulan yang ditujukan bagi kelompok tani agar dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan kapasitas kerjanya,” tuturnya.

Sarwo Edhy menjelaskan, bantuan alsintan ini akan diberikan ke daerah-daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

“Bantuan alsintan tahun anggaran 2021 ini sudah termasuk untuk mendukung program food estate,” terangnya.

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.