Kepala LLDIKTI IX Andi Lukman: Masih Banyak Perguruan Tinggi Tidak Peduli Penelusuran Alumni

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Saat ini masih banyak Perguruan Tinggi yang tidak peduli dengan penelusuran alumni (tracer study).

Kenyataan itu terbaca pada setiap kali pendataan untuk klasterisasi Perguruan Tinggi pada point tracer study cukup banyak kampus yang tidak mengimput data informasi jejak para alumninya.

Inline Ad

Demikian ditegaskan Kepala LLDIKTI IX Sultanbatra, Drs Andi Lukman, M.Si saat menutup Lokakarya Pusat Karier dan Penelusuran Alumni (Tracer Study), Kamis 23 Juni 2022, di Balai Pertemuan Ridwan Saleh Mattayang Kantor LLDIKTI IX.

Dijelaskan, perguruan tinggi harus peduli dengan tracer study, karena hasil evaluasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) soal penelusuran jejak alumni menjadi salah satu alat ukur.

Para alumni perguruan tinggi harus ada data dan jejak apa sudah bekerja atau jadi penggangguran, katanya.

Kebijakan MBKM memberi hak kepada mahasiswa memprogram 60 SKS di luar kampusnya. Sebaliknya perguruan tinggi berkewajiban mempersiapkan regulasi termasuk kurikulum dan transfer mata kuliah selama kuliah di luar kampusnya.

MBKM ini semacam revolusi pendidikan tinggi yang membuka ruang bagi mahasiswa bersentuhan dan melakukan magang atau kerja praktek pada dunia kerja, ungkapnya.

Era masyarakat digital sumber informasi dengan mudah dapat dicari di media online termasuk para mahasiswa setiap saat membuka internet mencari informasi dan pengetahuan baru.

Para dosen harus juga senantiasa siap berubah dan meng-update pengetahuan yang ditransper kepada mahasiswa, tandasnya.

Bagi para dosen yang tidak update pengetahuannya tentu akan ketinggalan di hadapan para mahasiswanya.

Peserta pelatihan ini sebanyak 100 orang diikuti secara luring dan daring dari Kantor LLDIKTI Wilayah XVI Gorontalo, Sulteng dan Sulut. ***

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.