Ketua IKATE UMI : “Kami Siap Bersinergi Bantu Sukseskan MBKM”

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Ikatan Alumni Teknik Elektro (IKATE) Universitas Muslim Indonesia (UMI), siap bersinergi dan membantu dalam menyukseskan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) serta akreditasi UMI pada umumnya, dan Fakultas Teknik Program Studi Elektro (FTE-UMI) pada khususnya.

Demikian disampaikan, Ketua IKATE UMI, Ir. Faidar, saat ditemui redaksi di Warkop Silatnas UMI, Jl. Mirah Seruni, Panakukang Makassar, Senin malam (21/06/2021).

Inline Ad

Dikatakan, program MBKM yang kini tengah digalakkan, memang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni. Di sini, setiap individu, nantinya telah memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Karena, sejak dibangku kuliah, mahasiswa itu telah membekali dirinya dengan berbagai keterampilan yang terkait dengan bidang keilmuan yang dimilikinya.

Berdasarkan hal ini, kata Faidar, IKATE akan membantu memfasilitasi dengan membuka peluang kepada mahasiswa Elektro UMI untuk magang di perusahaan di bidang keteknikan dan bidang elektro.

“Jadi nantinya, kami akan berkolaborasi dengan perusahaan dan Prodi Elektro UMI, agar mahasiswa yang akan magang, dapat lebih terarah. Perusahaan-perusahaan yang kami ajak kerjasama ini, merupakan milik alumni Elektro UMI yang telah sukses. Atau perusahaan dan instansi yang di dalamnya, ada alumni Elektro UMI nya. Sehingga, mahasiswa yang magang, selain menimba ilmu juga akan memperoleh pencerahan dari seniornya (alumni) tentang kiat-kiat mencapai kesuksesan,” terangnya.

Kemudian, lanjut Faidar, bagi alumni yang baru saja lulus dari bangku kuliah, dapat pula disalurkan ke perusahaan-perusahaan tersebut.

“Lumayan, kalau setiap perusahaan itu mampu menampung setiap lulusan mahasiswa Elektro UMI, ini akan menjadikan masa tunggu kerja lulusan Elektro UMI, menjadi nol tahun. Karena langsung terserap di dunia kerja. Dan kondisi ini, secara langsung maupun tidak langsung, pasti akan membantu menaikkan nilai akreditasi Prodi Elektro UMI,” paparnya.

Untuk itu, Faidar mengharapkan dan mengajak kepada seluruh alumni Elektro UMI se-Indonesia, untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan tersebut.

“Di IKATE sendiri, kami telah memiliki beberapa data perusahaan teman-teman alumni yang siap membantu. Maka, kami harapkan kepada setiap angkatan Elektro UMI untuk bisa ikut berpartisipasi dan memasukkan datanya secara kolektif. Baik perusahaan maupun instansi tempatnya bekerja. Yang jelas, kami (IKATE) siap membantu almamater kami,” tegasnya.

Faidar juga mengakui, dalam waktu dekat akan bersilaturahmi dengan jajaran Pimpinan Fakultas Teknik UMI serta Prodi Elektro. (zl)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.