KJMNI Siap Lanjutkan Fasilitasi Pengelolaan Zakat Infaq dan Shodaqoh di Lingkup Kementan

INIPASTI.COM, “KJMNI bersama dengan pengurus masjid Nurul Iman tahun lalu sudah bekerja sama dengan lembaga zakat terpercaya dalam pengelolaan Ziswaf, tahun ini kita akan segera bentuk lagi dan diperkuat,” demikian dikatakan drh. Makmun, Ketua Komunitas Jamaah Masjid Nurul Iman (KJMNI) saat pembekalan menyambut bulan suci Ramadhan melalui virtual yang diikuti pegawai Kementan di seluruh unit kerja pada hari Ahad, 2 Rajab 1442 H bertepatan dengan 14 Februari 2021.

Pembekalan Ramadhan ini merupakan buah kerja sama antara KJMNI bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pertanian yang diselenggarakan untuk pembekalan dan pemantapan menghadapi bulan suci Ramadhan tahun 2021.

Inline Ad

seperti diketahui bersama bahwa Kementerian Pertanian saat ini memiliki jumlah pegawai sebanyak 17 ribu lebih dengan mayoritas beragama islam. dengan besaran itu, maka potensi pengumpulan zakat infaq dan shodaqoh (Ziswaf) sangat besar dan dapat digunakan untuk kemaslahatan ummat.

Wahyudi, salah satu peserta dalam pembekalan berharap agar KJMNI bisa melanjutkan lagi penerimaan dan penyaluran Zifwaf bagi pegawai di Kementan.

“Ijin kalau boleh usul KJMNI bersama pengurus masjid Nurul Imam bisa melanjutkan pengelolaan Zakat Infak dan Shodaqoh di Lingkungan Pegawai Kementerian Pertanian dengan elektronik (karena pandemi covid-19),” ujar Wahyudi saat sesi tanya jawab

Baca Juga:  Komisi IX DPR RI Kunjungi Asrama Haji Sudiang

Menjawab hal tesebut, Makmun menyatakan bahwa KJMNI sebagai wadah konunitas tentu tidak bisa melaksanakan pengelolaan Ziswaf sendiri, pihak nya akan menggandeng lembaga zakat yang sudah terverifikasi pemerintah (Kementerian Agama).

“Insha allah KJMNI siap untuk pengelolaan Zifwaf, dan dalam waktu dekat kita akan segera rumuskan dengan menggandeng lembaga zakat yang sudah resmi dan terdaftar oleh Pemerintah,” jelasnya

Tak hanya itu, Makmun dalam sambutannya menjelaskan bahwa kolaborasi DWP Kementan bersama KJMNI melaksanakan acara pembekalan ini merupakan langkah awal yang baik dalam rangka memberikan nilai dan pemahaman sehingga Ramadahan tahun ini diharapkan lebih baik dari sebelumnya.

“Ini menjadi kehormatan bagi KJMNI karena Ibu Ketua DWP, Ibu Anon Rusmono beserta pengurus berkenan bekerja sama dengan kami. Mudah-mudahan kerja sama ini terus berlanjut untuk terus memberikan kontribusi positif,” ungkap Makmun.

Makmun yang juga menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan melaporkan bahwa KJMNI telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti Jumat Berkah, berbagi makan siang yang dilakukan setiap hari Jumat, diperuntukan bagi jama’ah Masjid Nurul Iman Kementan.

Baca Juga:  Muhktar Tompo: Hadiri Syawalan Hanya Sebagai Kader

“Selain itu, KJMNI juga beberapa kali menggalang donasi bencana alam dan juga pegawai yang terdampak pandemi. Untuk Jumat Berkah sempat break, dikarenakan pandemi. Tapi, alhamdulillah pengurus masjid sudah mengizinkan kembali,” ungkapnya.

Ketua DWP Kementan, Anon Momon Rusmono menyambut baik dan mengapresiasi upaya yang dilakukan KJMNI. Istri Sekretaris Jenderal Kementan itu mengakui bahwa dirinya bersama keluarga besarnya setiap tahun kerap mempersiakan untuk menyambut datangnya Ramadhan.

“Acara ini mengingatkan kembali untuk kita semua untuk mempersiapkan kembali segala sesuatunya untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Mendengar kegiatan-kegiatan yang tadi disampaikan Pak Makmun, sebetulnya beririsan dengan program DWP, kita juga ada pengajian. Mudah-mudahan ke depan, bisa bersinergi,” katanya.

Selain Anon Momon Rusmono, hadir juga istri Wakil Menteri Pertanian, Desi Harvick Hasnul Qolbi. Desi mengapresiasi dan memberikan dukungan diselenggarakannya kajian atau majelis ilmu seperti ini.

“Sebagai manusia biasa, keimanan kita tidak mungkin bisa stabil, atau naik terus. Karena kita banyak kekuarangan. Nah, untuk menjaga kestabilan iman bisa dengan mengikuti kajian ilmu seperti pagi ini. Sebagai fakir ilmu, tentu kita harus banyak belajar, merecharge dan meningkatkan agar terus termotivasi. Karena kita hidup hanya selewatan. Utamanya kehidupan setelah meninggalkan dunia nanti” terang Desi.

Baca Juga:  Di Hadapan Kader BKPRMI, Kakanwil Kemenag Minta Gelorakan Ketauhidan

Dengan segala sumberdaya dan kekuatan yang dimiliki oleh KJMNI dan pengurus Masjid Nurul Iman, Makmun yakin kegiatan-kegiatan KJMNI kedepan akan semakin bermanfaat bagi ummat.

“Saya ucapkan banyak terimakasih atas kehadiran dan dukungannya, insha allah kita akan lebih baik lagi kedepan,” pungkas Makmun

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.