Konsistensi Penyelenggaraan Pendidikan Berdasarkan UUD 1945

Oleh: Dr. Sukro Muhab, M.Si
(Dosen Pascasarjana UNJ & Dewan Pembina JSIT Indonesia)

INIPASTI.COM, OPINI — Andai pemerintah dan masyarakat melaksanakan Pasal 31 ayat 3 UUD RI 1945 yang menegaskan, ” Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sestem Pendidikan Nasional, yang meningkatkan keimananan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dalam undang-udang,” praksis pendidikan Indonesia pasti akan berhasil melahirkan Sumber Daya Manusia yang berintegritas, berkarakter, kompeten dan profesional.

Inline Ad

Namum amat disayangkan, porsi keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia kurang mendapat perhatian dan penekanan. Kurikulum kita sangat dipadati dengan muatan-muatan pengetahuan yang berorentasi akademik.

Ukuran keberhasilan pun masih ditekankan pada penguasan akademik. Sementara keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia tidak jadi ukuran utama. Sehingga wajar, jika banyak hasi lulusan yang pintar tapi kurang berbudi pekerti luhur serta kurang taat menjalankan perintah agama dengan baik.

Baca Juga:  [Opini] Hidup Dalam Resiko Gempa, Tinjauan Aspek Struktural Bangunan Dampak Gempa

Ruang lingkup pendidikan pun masih terkesan hanya ada pada sekolah saja. Sementara pendidikan non formal dan informal, seperti dirumah, pusat ibadah dan lembaga-lembaga masyarakat masih kurang dihidupkan. Sehingga kurang terlihat sinergi antara tiga pusat pendidikan y,akni sekolah, rumah dan lingkungan masyarakat.

Konsep merdeka belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkesan hanya menekankan pada kesiapan siswa untuk menghadapi dunia kerja semata. Namun kurang menekankan pada kesiapan masa dewasa dengan menekankan pada pembekalan keseimbangan pengetahuan, keterampilan, karakter dan moral serta agama.

Baca Juga:  Kapitalis? Pedagang Sejahtera, Petani Menjerit.

Jika pendidikan model seperti ini tetap dibiarkan berjalan, tidak menutup kemungkinan kedepan banyak generasi yang berwawasan luas, kaya ide, gagasan, tetapi miskin moral dan akhlak mulia. Generasi yang mengalami kepribadian tidak utuh.

Semoga kedepan pendidikan kita tetap konsisten dengan Pasal 31 ayat 3, UUD RI 1945 yang menghendaki adanya keseimbangan antara Keimanan, ketakwaan, akhlak mulia dan kecerdasan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021.

(Visited 1 times, 2 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.