KPK Sita Uang Ratusan Juta dari Kantor Menag

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang senilai ratusan juta dari ruang menteri agama (menag) di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Senin (18/3).

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang senilai ratusan juta dari ruang menteri agama (menag) di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Senin (18/3). Uang tersebut terbagi atas pecahan rupiah dan dolar AS.

“Disita dari ruangan menag sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan dolar dengan nilai seratusan juta rupiah. Tapi detailnya akan di-update lebih lanjut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Selain uang, KPK juga menyita sejumlah dokumen terkait proses seleksi kepegawaian. “Kemudian diamankan juga dokumen-dokumen terkait hukuman disiplin yang diberikan pada salah satu tersangka, (berinisial) HRS, yang kemudian dipilih sebagai kanwil di Jawa Timur,” ujar Febri.

Baca Juga:  Danny Paparkan Kota Dunia pada Fit and Proper Test Partai Gerindra

Proses penggeledahan dan penyitaan uang di ruang menag merupakan bagian dari penyidikan kasus dugaan jual-beli jabatan di Kementerian Agama. Kasus tersebut turut menyeret Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romi.

Dia ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Jawa Timur pada akhir pekan lalu. Saat ini KPK pun telah menetapkan Romi sebagai tersangka.

Baca Juga:  Agus Arifin Nu’mang Sandang Predikat Pemimpin Amanah

Namun Romi masih menyangkal keterlibatannya dalam kasus tersebut. “Saya merasa dijebak dengan sebuah tindakan yang tidak pernah saya duga, saya pikirkan, atau saya rencanakan, bahkan firasat pun tidak,” kata Romi dalam sebuah surat yang ditulisnya di Gedung KPK. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.