KPU: Ada Pihak Berupaya Ganggu Penyelenggaraan Pemilu

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut ada kelompok tertentu yang ingin mengganggu penyelenggaraan pemilu 2019. Salah satu indikasinya adalah maraknya berita bohong atau hoaks sejak tahun lalu.

“Ada salah satu kelompok secara sistematis mengganggu penyelenggaraan pemilu,” ujar Komisioner KPU Viryan Aziz dalam sebuah diskusi bertajuk “Hitung Mundur Pemilu” yang diselenggarakan di Harris Suites Hotel FX Sudirman, Jakarta, Jumat (12/4).

Menurut dia, hoaks yang terus bermunculan merusak integritas penyelenggaraan pemilu. Hal itu juga tentu mengganggu kinerja KPU. Yang paling disayangkan Viryan adalah, hoaks tersebut sangat gencar penyebarannya di masyarakat.

Baca Juga:  Bahtiar Maddatuang: Takalar Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Hal tersebut tentu tak bisa dianggap sepele. “Ada upaya untuk membuat distrust (ketidakpercayaan),” ujarnya. Dugaan itu merujuk pada beberapa contoh hoaks yang menyerang KPU. Misalnya, hoaks tentang server KPU yang dituding memenangkan pasangan calon presiden nomor urut 01.

Oleh sebab itu, dia mengajak para pendukung calon 01 dan 02 mendatangi TPS pada 17 April mendatang guna menegaskan transparansi pemilu. Masyarakat diizinkan mendokumentasikan hasil pemungutan suara di masing-masing TPS. “Kalau ada kecurangan, KPU tidak akan membiarkan,” ucap Viryan. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.