KPU: Hoaks Jadi Masalah Utama Pemilu

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai penyebaran berita bohong atau hoaks menjadi problem utama penyelenggaraan pemilu saat ini. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat menghadiri diskusi bertajuk “Menjamin Legitimasi Pemilu” di Kantor Kemenkominfo pada Senin (11/3).

“Hoaks itu jadi problem utama saat ini. Upaya kami semua dan juga upaya pemerintah dalam menyelenggarakan pemilu terkendala atau terganggu dengan berita hoaks,” ujar Wahyu.

Dia menduga ada oknum-oknum tertentu yang sengaja memproduksi hoaks dengan tujuan mendeligitimasi pemilu. “Upaya ini didahului oleh delegitimasi penyelenggara pemilu dulu, baik KPU, Bawaslu, DKPP. Selalu seperti itu (polanya),” kata Wahyu.

Baca Juga:  Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulsel : Laki-laki dan Perempuan Setara dan Sama Saja

Penyebaran hoaks tentu tidak dapat dianggap sebagai persoalan sepele. Sebab menurut Wahyu, mengacu pada data yang dirilis lembaga-lembaga survei, terdapat segelintir masyarakat yang mempercayainya.

“Masyarakat tertentu sebagian mulai mempercayai (hoaks). Ini tentu menyedihkan,” kata dia.

Anggota Bawaslu Mochamd Afifuddin sempat mengatakan terdapat 92 kabupaten/kota yang rawan penyebaran hoaks. “Sebanyak 92 daerah ini paling tinggi penyebaran hoaks, sementara di daerah lain hanya sedang bahkan rendah. Artinya penyebaran informasi hoaks itu begitu cepat di media sosial,” ujarnya. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.