KPU Minta Aksi Klaim Kemenangan Pilpres Diakhiri

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA — Komisioner Komisi Pemilihan Umum Pramono Ubaid Tanthowi agar klaim kemenangan capres-cawapres diakhiri. Sebab saat ini proses penghitungan suara secara resmi masih berlangsung.

“Sudahlah, klaim (kemenangan) dari masing-masing pihak itu disudahi. Silakan menunggu proses penghitungan yang dilakukan oleh KPU,” ujar Pramono pada Jumat (19/4).

Dia menjelaskan bahwa proses penghitungan suara resmi juga akan dikerjakan bersama-sama dengan semua partai politik dari masing-masing kubu capres-cawapres. “Mudah-mudahan itu bisa menjadi mekanisme di mana kemurnian tiap suara yang diberikan oleh pemilih kita di TPS bisa kita jaga sampai rekapitulasi di tingkat nasional,” kata Pramono.

Baca Juga:  Perhatian Kecil Sang Pj Gubernur Untuk Pegawainya

Menurut Pramono, semua partai politik seharusnya memiliki data lengkap dari semua TPS. Sebab mereka diberi kesempatan untuk mengutus saksi di TPS. Saat pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan, saksi-saksi yang mengumpulkan lembar C1 akan dibawa ke kecamatan.

Dengan demikian, masing-masing partai politik memiliki data. Dia mengatakan itulah proses rekapitulasi yang bersifat terbuka, partisipatif, dan manual. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.