KPU Sulsel Pastikan Bacalon Positif Narkoba Terdiskualifikasi

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pasca pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan yang dijalani Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali kota beserta Bupati dan Wakil Bupati,  beberapa waktu lalu, di mana menyebutkan salah satu bacalon dinyatakan positif narkoba, Ketua KPU Faisal Amir mengatakan telah berkomunikasi dengan KPU Barru.

Inline Ad

Ia mengungkapkan bahwa ini semua sudah di sampaikan, ke partai pengusung bahwa salah satu persyaratan maju bertarung dalam pilkada adalah sehat jasmani dan rohani.

“Kalau salah satunya tidak memenuhi syarat artinya dikembalikan ke partai pengusung,” kata Faisal ditemui di kantor gubernur Senin (14/9)

Terkait hasil tes laboratorium, dari bakal calon Wakil bupati Barru, Andi Mirza Riogi Idris yang dilakukan secara mandiri, pasca disebutkan positif narkoba.

Baca Juga:  Istri Mantan Gubernur Sulsel Perkuat Barisan NH-Azis di Pilgub

Faisal Amir menegaskan, jika pihaknya tidak ada pilihan lain pemeriksaan kesehatan dalam kasus ini. Yang berwenang ditunjuk KPU adalah  RS Wahidin, IDI, BNN.

“Tidak ada pemeriksaan lain, kalau salah satu tidak memenuhi syarat sudah. Dan memang kami sekali  periksa, hasilnya itu dan itu sudah sah keluar dari pihak berkompeten dan lembaga berkompeten,” tegasnya.

Menanggapi adanya bakal calon wakil kepala daerah yang positif narkoba, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah enggan berkomentar dan menyerahkan pada partai pengusung untuk mencarikan penggantinya.

Sebelumnya, Mantan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang angkat bicara setelah menatunya yang juga Bakal Calon Wakil Bupati Barru, Andi Mirza Riogi, disebut-sebut positif menggunakan narkoba, berdasarkan hasil pemeriksaan tim pelaksana pemeriksa kesehatan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah untuk Pilkada seentak 2020 di Sulsel.

Baca Juga:  NH Minta Totalitas Kader Golkar Menangkan Pilkada Serentak

Agus mengatakan, dirinya tidak yakin menantunya tersebut pengguna barang haram atau narkoba.

“Makanya kami ini lakukan second opinion. Saya sudah minta dia (Andi Ogi), untuk lakukan tes narkoba ulang di Prodia kemarin Minggu (13/9), dan hasilnya negatif. Tapi harus ada pemeriksaan lagi di tempat lain yang lebih berkompeten, sebagai pembanding. Tapi kemarin minggu, jadi libur semua. Mungkin hari kita tes lagi,” urai Agus.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.