Lagi, Unismuh PTS Penerima Hibah Kemdikbud Terbanyak di LLDIKTI IX

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tak henti menorehkan prestasi tingkat nasional. Teranyar, Unismuh merupakan salah satu penerima hibah Program Holistik Pembinaan & Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi (Kemdibud-Ristek).

PHP2D merupakan salah satu strategi Kemdikbud untuk mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa, khususnya dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Inline Ad

Tahun 2021, Unismuh merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) penerima terbanyak hibah PHP2D dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX.

Penerima bantuan PHP2D dalam ligkup LLDIKTI Wilayah IX, yakni Universitas Negeri Gorontalo (11), Universitas Hasanuddin (6), Unismuh Makassar (4), Universitas Tadulako (3), Universitas Negeri Makassar (2). Kemudian Universitas Muslim Indonesia (2), dan Universitas Muslim Maros (2).

Informasi tersebut tertuang dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 3521/E2/KM.09.01/2021, tentang Penerima Bantuan PHP2D Tahun 2021, tanggal 05 Juli 2021.

Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Makassar Dr Muhammad Tahir mengapresiasi pencapaian Lembaga mahasiswa yang memenangkan hibah tersebut.

“Alhamdulillah, prestasi ini patut kita syukuri. Apalagi jumlah proposal dari kita yang lulus meningkat dua kali lipat dari tahun lalu yang lolos 2 proposal, dan tahun ini ada 4 proposal” kata Muhamamd Tahir, di Kampus Unismuh Makassar, Selasa, (06/07/2021)

Keempat proposal yang berhasil menerima bantuan tersebut, berasal dari Empat Lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang ada di Unismuh.

UKM LKIM Pena meloloskan proposal dengan judul “Pembinaan Masyarakat Pesisir melalui Program Integrasi Berbasis Ecosmarthealthpreneurship di Desa Tamasaju Kabupaten Takalar.

UKM Bahasa meloloskan proposal “Kampung Inggris Pakatto: Menyulap Desa Pakatto Menjadi Destinasi Eduwisata melalui Pembinaan Pemuda Desa Berbasis Edukasi dan Wisata (Kampung Inggris Pertama di Indonesia Timur).

UKM Persatuan Sepakbola (PS) Unismuh mengajukan judul “Program Pemberdayaan Petani Porang sebagai Komoditas Unggulan di Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

BEM Fakultas Agama Islam (FAI) dengan judul “Kampung Lontara Berbasis Ekonomi Kreatif: Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Hasil Pertanian Pohon Lontara Guna Mewujudkan Masyarakat Sejahtera di Desa Borongtala Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Bottom ad

Leave a Reply