Langkah Disperindag Tekan Harga Sembako Jelang Ramadhan

INIPASTI.COM, GOWA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gowa akan mengumpulkan seluruh agen dan distributor. Langkah tersebut diambil untuk membicarakan terkait kenaikan sejumlah kebutuhan bahan pokok jelang Ramadhan 2019. 

Hal ini pasca dilakukannya inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional yaitu Pasar Minasamaupa Gowa, Kamis (25/4/2019), yang mana sejumlah komoditas mengalami lonjakan harga. 

“Kita akan membicarakan kondisi ini ke pihak agen dan distributor. Dari pembicaraan ini bisa mengetahui penyebab kenaikan karena apa,” kata Kadisperindag Gowa Andi Sura Suaib usai sidak. 

Pertemuan dengan para agen dan distributor tersebut dianggap menjadi solusi terbaik agar jelang Ramadhan tidak terjadi lonjakan harga yang memberatkan pembeli. Kalau pun ada diharapkan hanya naik hingga 15 persen. 

Baca Juga:  Bagi-bagi Kue APBN, Sulawesi hanya Dapat Remah

“Jelang Ramadhan memang biasanya ada kenaikan, tapi meskipun begitu kami berharap kenaikan itu masih di tahap normal,” harap Andi Sura.

Adapun komoditas yang mengalami kenaikan saat dilakukannya sidak antara lain, bawang merah yang sebelumnya seharga Rp30 ribu per kilogram (Kg) kini menjadi Rp38 hingga 40 ribu per Kg. Sementara bawang putih yang harganya saat ini mencar Rp45 ribu per Kg. 

Selain itu cabe keriting dari harga Rp20 ribu per Kg naik menjadi Rp25 ribu per Kg.

“Setelah kami lakukan sidak ternyata kenaikan ini dari agen atau distributor, artinya kami tidak menemukan pedagang setempat yang menaikkan harga secara sepihak,” tambahnya.

Baca Juga:  Diskop - UKM Sulsel Harap Pertamina Jadi Mitra BUMR Pangan

Tak hanya itu, kenaikan signifikan juga terlihat pada ayam potong yang sebelumnya Rp38 ribu per ekor naik menjadi Rp45 ribu per ekor. Sementara komoditas yang turun harga yaitu tomat dari Rp10 ribu per Kg menjadi Rp7 ribu per Kg.

“Beberapa jenis komoditas yang harganya masih stabil yaitu jenis kacang-kacangan, cabe merah besar gula pasir, terigu, dan gas elpiji,” jelasnnya.

Terkait stok bahan pokok jelang Ramadhan, ia mengaku dipastikan masih aman. Adapun sidak yang dilakukan juga melibatkan sejumlah unsur terkait mulai dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Bagian Ekonomi, Bappeda, Polres, Kodim, dan Satpol PP. (**)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.