Legislator Sulsel Tolak Penggunaan Istilah PPKM dalam Penanganan Covid-19

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Selle KS Dalle menyoroti istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang digunakan pemerintah terkait perkembangan penanganan pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, istilah yang dipilih pemerintah terkait perkembangan situasi covid19 saat ini yakni PPKM, jika membaca ketentuan umum UU Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan tidak mengatur tentang PPKM.

Inline Ad

“Lain halnya istilah PSBB sangat jelas sumber rujukannya yakni tertera secara tegas dan jelas pada ketentuan umum dalam UU kekarantinaan kesehatan,” ujar Selle KS Dalle dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/1).

Baca Juga:  Yayasan Baji Ateka Sulsel Gelar Peresmian Program Jum'at Berkat

Kata politisi Demokrat Sulsel ini, setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah apalagi menyangkut soal kesehatan tidak boleh sekedar mencomot istilah tertentu.

Lebih lanjut ia menuturkan kebijakan terkait perkembangan covid19 saat ini mestinya harus jelas rujukan UU-nya. Sebab dampaknya akan banyak kebijakan lanjutan yang mesti diatur pada tingkat teknis baik menyangkut soal hak warga, kewajiban instansi pelaksana teknis lainnya dalam lingkup pemerintahan, maupun berbagai pihak lainnya, termasuk konsekuensi anggaran.

“Lantas kalau istilah tersebut tidak jelas dari UU mana dicomot, tidak menutup kemungkinan bisa memunculkan masalah baru dikemudian hari,” tandasnya.

Baca Juga:  Rakerda LDII, Walikota Makassar Ingatkan Bahaya Pornografi dan Narkoba

“Mungkin maksud pemerintah memilih istilah PPKM yang sekilas kedengaran lebih soft daripada istilah PSBB supaya masyarakat tetap tenang dan tidak panik, akan tetapi sekali lagi apapun alasan pilihan istilah itu harus jelas dari UU mana diatur,” tutupnya. 

(Muh. Seilessy)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.