LPPM Universitas Muhammadiyah Kendari Gelar Pengolahan Limbah Towo di Konawe Sultra

INIPASTI.COM, KENDARI — Dalam rangka meningkatkan ekonomi rumah tangga masyarakat pesisir, Tim Pengabdian Masyarakat Internal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kendari yang diketuai oleh Rita. L. Bubun, S. Pi., M. Si menggelar
Pengelolaan Limbah “Towo” di Desa Palingi Timur, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, (27/2) dan merupakan kali pertama dilaksanakan di Desa Palingi Timur. Pendampingan masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Kendari direncanakan secara rutin setiap tiga bulan sekali.

Inline Ad

Potensi lahan kelapa di Desa Palingi Timur sangat produktif, adapun luas perkebunan kelapa ditaksir sekitar 800 hektar.

Selama ini limbah towo hanya menjadi sampah dan arang tempurung. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini dapat menjadi solusi yang lebih tepat dalam pengelolaan limbah.

Baca Juga:  Segera Hadir di Maros InstitutTeknologi Permata Ilmu (ITPI) Membuka Lima Program Studi

“Pengelolaan limbah towo (tempurung kelapa) dilakukan dengan cara towo di bersihkan dari serabutnya menggunakan amplas, kemudian di ukir menggunakan gergaji ukir sesuai kebutuhan produk yang akan di buat. Hasilnya berupa souvenir gantungan kunci dan tas.” Jelas Rita. L. Bubun, S. Pi., M. Si pada media.

Adapun nilai souvenir yang di hasilkan berkisar 8.000 hingga 300.000 rupiah per buah, harga ini lebih tinggi dari nilai jual kopra yang hanya 8.000 per kilo di Desa Palingi Timur.

“Kami juga akan melanjutkan pendampingan dalam pemasaran hasil pengelolaan limbah towu ini hingga proses pemasaran. Adapun pemasarannya kami lakukan baik online maupun offline”, tambah alumnus Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor ini.

Baca Juga:  Kopertis IX Sulawesi Gelar Rakerwil 2017 di Kendari

Respon masyarakat sangat positif, hal ini dapat dilihat dari antusias warga terutama ibu – ibu PKK Desa Palingi Timur yang mengikuti kegiatan dari awal sosialisasi sampai pelatihan pembuatan produk souvenir. Bahkan mereka juga melibatkan diri dalam proses pembuatan souvenir ini.

Nampak hadir dalam kegiatan ini Amir Mahmud, S.Pi, M.P dan Indri Hapsari, SE., M.Si mewakili UM Kendari dan Ketua Penggerak PKK Desa Palingi Timur, Sitti Hijar, S.Pd., M.Pd. (ila)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.