Luwu Raya Akan Jadi Sentra  Pembenihan Kakao

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah saat memberikan sambutan di acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Wajo dan Luwu di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (15/2/2019) (Humas Sulsel)

INIPASTI.COM, MAKASSAR –  Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah  saat melantik dua  Kepala Daerah terpilih yakni Bupati – Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Amran serta Bupati – Wakil Bupati Luwu terpilih Basmin Mattayang – Syukur Bijak, sempat menyinggung produksi kakao  di Sulsel.

Menurutnya, produksi kakao  yang selama ini selalu menjadi primadona  sudah mengalami masalah, coklat bukan lagi kebanggaan dan ini menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Bahkan, NA mengatakan industri  sudah mulai melakukan impor coklat.

Ia menambahkan, kondisi ini telah disampaikan juga ke pusat dan melalui Menteri Pertanian, telah memberikan respon  untuk menjadikan Sulsel sebagai sentra benih kakao. “Tentu Luwu Raya akan kita sebagaikan sentra pembenihan kakao,” ujarnya

Baca Juga:  Nipah Mall & Building Hadir Dengan konsep Berbeda

NA menyebutkan, krisis yang terjadi pada tahun 1998 saat itu di negara-negara maju, justru membawa berkah untuk Sulsel karena adanya komoditas kakao  dan kopi serta komoditas lainnya.

Lebih lanjut,  NA  mengatakan benih kakao ini menjadi perhatian untuk pengadaannya,  “Pengadaan benih kakao menjadi salah satu tantangan yang dimiliki kedua daerah tersebut. Sehingga, telah mengusulkan Luwu Utara sebagai sentra benih kakao. Agar pemerintah pusat lebih memprioritaskan komoditas unggulan tersebut” ucapnya

Baca Juga:  Penyerapan Dana Desa Capai 93,4 Persen

Selain itu,  Mantan Bupati Bantaeng ini juga menyampaikan Sulsel telah melakukan direct call (pengiriman langsung) keluar negeri dan per Juni mendatang juga dijadwalkan akan dibuka direct flight (penerbangan langsung) ke luar negeri, Yakni Jepang untuk penerbangan kargo dan penumpang.

(Resti Setiawati)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.