Mahasiswa Fisip Unhas Gelar Seminar Internasional Pemateri dari Belgia dan Turki

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Hari Terakhir Seminar Internasional Mahasiswa Fisip Unhas Dihadiri Pemateri dari Belgia, Turki dan UEA Makassar, Selasa 24 November 2020, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pusat Riset Mahasiswa (PISMA) Fisip Unhas.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari konferensi hari pertama dilaksanakan Senin (23/11). Acara ini dimulai pada pukul 10.00 WITA secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube Fisip Unhas.

Inline Ad

Kegiatan dimulai agenda Students Paper Presentation dari para peserta. Agenda kegiatan ini terbagi dalam beberapa ruang virtual zoom meeting sesuai dengan tema paper yang para peserta kumpulkan.

Usai agenda Students Paper Presentation, kegiatan dilanjutkan dengan Plenary Session. Dalam agenda ini, pembicara merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara dengan membagikan pengalaman dan analisisnya terhadap pandemi Covid-19 di negaranya masing-masing.

Baca Juga:  UNM Wisuda 1.809 Sarjana

Pembicara pertama dalam sesi ini yaitu Rania Zhahira (Katholieke Universiteit Leuven, Belgium) yang menjelaskan tentang “The Social Consequences of COVID-19”, ia berbicara tentang bagaimana dampak sosial dalam situasi pandemi covid-19 ini yang bukan hanya terjadi di Belgia, melainkan di seluruh dunia. Lebih spesifik ia menjelaskan tentang dampak sosial dan psikologis yang diterima mahasiswa/mahasiswi serta masyarakat sipil dalam situasi pandemi covid-19 ini.

Materi lain juga disampaikan oleh Muhammad Setiawan W. (Suleyman Demirel Universitesi, Ispata, Turkey), Riska Islamiyah (Universitas Hasanuddin), dan Yusril Nurhidayat (New York University Abu Dhabi UEA)

Setelah Plenary Session selesai, kegiatan berlanjut ke agenda terakhir yakni rangkaian penutupan HGSC 2020. Penutupan diawali dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan Student Presenter yaitu Annisa Apriliani (Universitas Hasanuddin) dan Tuhfah Almasati (Universitas Diponegoro).

Baca Juga:  Dirjen Perguruan Tinggi Prof Nizam Apresiasi Kinerja LLDIKTI IX Berupaya Serius Tingkatkan Mutu Pendidikan

Setelah penyampaian kesan dan pesan, rangkaian penutupan dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh ketua panitia HGSC 2020. Kegiatan HGSC 2020 resmi ditutup oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas Prof. Dr. Armin, M.Si, dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa terimakasih kepada Ibu Rektor, panitia pelaksana, dan seluruh pihak yang terlibat.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat memberi solusi dalam mengatasi masalah – masalah yang dihadapi pada situasi pandemi covid-19, serta melalui kegiatan ini mahasiswa dapat menambah pengetahuan, khususnya mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Hasanuddin Global Student Conferences on Social and Political Sciences akan hadir lagi pada tahun 2022, kepada seluruh mahasiswa baik dalam maupun luar negeri agar mempersiapkan dirinya untuk HGSC 2022. (andi yani)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.