Mahasiswa Komunikasi Unismuh Lolos Ikut Program Formasita Goes To Internasional

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Salah seorang mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makasaar angkatan 2021, Lukman lolos menjadi peserta program
Forum Mahasiswa Beasiswa Aspirasi Tamsil Linrung (FORMASITA).

Forum ini akan menggelar event internasional yakni FGTI atau Formasita Goes To Internasional ke tiga negara tetangga Indonesia yakni Singapura, Malaysia dan Thailand.

Inline Ad

Demikian ditegaskan Plt Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Unismuh Makassar, Syukri, S.Sos, M.Si, Selasa siang 21 Juni 2022.

Dijelaskan, cowok asal Takalar ini termasuk dari 4 mahasiswa Unismuh Makassar yang dinyatakan lolos seleksi.

Dia termasuk dari 400 lebih calon pendaftar dan dinyatakan terpilih dan lolos diantara 65 orang .

Kegiatan ini memiliki banyak benefit, seperti : pelatihan bahasa Inggris gratis, sertifikat skala internasional, relasi baru skala internasional, kesempatan berkunjung ke beberapa kampus dan lembaga tinggi yang ada di 3 negara, katanya.

Melakukan ekspedisi budaya, tiket umroh bagi peserta terbaik, beasiswa untuk 2 semester bagi peserta terbaik dan masih banyak lagi benefit lainnya.

Program FGTI, Formasita konsisten berkontribusi untuk bangsa melalui keterlibatan putra-putri daerah dari kalangan prasejahtera untuk ikut menyaksikan perkembangan dunia sangat pesat, kata Syukri.

Keterlibatan pemuda diharapkan mampu menjadi generasi penerus yang memiliki mindset progresif, berwawasan global, dan siap berkontribusi untuk perdamaian dunia atas nama kemanusiaan.

FGTI mengangkat tema “Bergandengan Untuk Dunia” dengan niat Formasita dan pemuda Indonesia hadir untuk mengajak seluruh pemuda dari negara tujuan program untuk bersatu, bergandengan tangan dan mewujudkan perdamaian dunia

Lukman menambahkan, lolos ikuti program setelah mengikuti beberapa tahapan tes mulai dari tes tulis, proyek galang dana, tes menulis esai.

Dia membuat esai dengan bahasan toleransi, hingga pada tes wawancara melatih public speaking dan kemampuan berbahasa Inggris.

Proses tes tulis dijalani di Unhas, terus dilanjut membuat esai dan proyek galang dana dan terakhir tes wawancara.

Esai yang ditulis tentang toleransi dan saling menerima perbedaan, kemudian di tes wawancara, tes hafalan Surah Al-Kahfi ayat 1 hingga 10 juga tes kecakapan berbahasa Inggris.

Rangkaian kegiatan dimulai 4 Agustus 2022, kurun waktu selama satu bulan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Jakarta dengan banyak mengunjungi lembaga kenegaraan dan disertai forum diskusi yang membahas perdamaian dunia, kata mahasiswa kelahiran 2003 ini.

Dia merasa kegiatan ini menjadi jalan untuk dirinya dapat lebih peka terhadap isu perdamaian dunia dan menjadi ajang menambah pengalaman, karena ikut berpartisipasi sebagai satu-satunya peserta termuda dimana peserta lainnya bahkan telah bergelar S1 dan S2, katanya.

Kegiatan ini adalah kali ke 4, namun ketiga kegiatan sebelumnya hanya bertaraf nasional dan goes to international adalah kali pertama, tandasnya.***

Laporan : Farah Kirana Putri
Mahasiswa Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.