MATRA, Mutiara di Ujung Sulbar (2)

img/bappeda matra

INIPASTI.COM, PROJEN (PROGRAM JELAJAH NEGERI) – Matra Smart adalah singkatan dari Mamuju Utara yang Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat. Inilah visi daerah Mamuju Utara. Untuk mewujudkan Matra Smart, pemerintah melakukan berbagai kreasi untuk pengembangan ekonomi kerakyatan, yang berbasis pada komoditi unggulan lokal. Sedangkan misinya bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat secara menyeluruh. Kedua, mengembangkan potensi daerah dan memperkuat daya saing wilayah melalui pengembangan ekonomi lokal yang berbasis ekonomi kerakyatan. Ketiga, mewujudkan pemerintahan yang professional, efektif, dan melayani dengan senantiasa mengacu pada prinsip-prinsip tata-kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Indikator misi dapat dilihat pada seberapa besar terjadinya peningkatan kesejahteraan melalui penambahan pendapatan per kapita, bertambahnya kapasitas daya beli masyarakat, menurunnya angka kemiskinan, berkurangnya tingkat pengangguran, bertambahnya masyarakat yang melek huruf, meningkatnya angka partisipasi sekolah, derajat kesehatan kesehatan yang membaik, dengan semakin tingginya usia harapan hidup.

Baca Juga:  Mendulang Vannemai di Pasangkayu
Inline Ad

Indikator yang dapat dilihat pada pengembangan kemandirian, bagaimana Kabupaten Mamuju Utara memiliki kapasitas daya saing dan daya tarik yang terus membaik. Sedangkan perwujudan pemerintahan yang bermartabat, dapat dilihat pada bagaimana pemerintah Mamuju Utara melakukan tata-kelola pemerintahan yang sesuai dengan, prinsip-prinsip tata-kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Komponen kegiatan Matra Smart meliputi: (i) pengembangan kualitas sumberdaya manusia, melalui pelatihan, penddikan, beasiswa isentif, peningkatan pelayanan dan sarana prasarana pendidikan. (ii) perbaikan infrastruktur ekonomi, melalui pembangunan trasnportasi dan asksesibilitas, pertanian, energi, industri dan pembiayaan. (iii) pembangunan pemerintahan yang bersih, transparan dan bebas KKN. (iv) pendampingan dan penguatan kepada pemerintah daerah, melalui pelatihan, forum diskusi, pendampingan kegiatan, dan buku-buku panduan, dan dilakukan penguatan kapasitas kepada pemerintah daerah.

Baca Juga:  Bupati Matra, Agus Ambo Djiwa: Daerah Harus Miliki Keunggulan Komparatif dan Kompetitif


Visi SMART menempatkan ekonomi kerakyatan sebagai elemen kunci, yaitu menjadi titik sentral dari keterkaitan kesejahteraan masyarakat, kemandirian daerah dan pemerintahan yang bermartabat. Menurut Agus Ambo Jiwa, sulit diwujudkan pemerintahan yang bermartabat, tanpa didahului oleh keadaan masyarakat yang sejahtera, dan tidak ada kesejahteraan kalau tidak ada kemandirian, tutupnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.