Site icon Inipasti

Memburu Pakaian Cakar di Pasar Terong Makassar

INIPASTI.COM, MAKASSAR. Pasar Terong merupakan salah satu pasar tradisional yang berada di Kota Metropolitan Makassar. Lokasi pasar ini terletak di Jl. Terong Makassar. Pasar ini termasuk dalam kategori pasar rakyat karena dikelola oleh pemerintah Kota Makassar

Pasar ini merupakan salah satu dari empat pasar rujukan bahan pokok di Indonesia, setelah Pasar Kramat Jati Jakarta, Pasar Turi Surabaya, Pasar Medan Kota di Sumatra Utara(Sumut).

Adapun jam operasional Pasar Terong untuk kebutuhan bahan pokok dalam partai besar mulai dari jam 08.00 – 14.00 WITA.

Tidak seperti pasar tradisional lainnya, pasar ini terkenal dengan jualan “cakarnya” atau pakaian bekas yang di ambil dari berbagai daerah dan ada juga yang diambil dari luar negeri.

Bagi para pemburu pakain cakar atau pakaian bekas ada jam operasional khusus. Para penjual cakar ini mulai membuka lapaknya pada pukul 9.00 – 15.00 WITA.

Salah satu pedagang pakaian bekas atau cakar yang ditemui di tempat jualan, ibu Linda, Sabtu 4 Juni 2022 dia mengatakan, trend pakaian bekas digandrungi berbagai macam kalangan mulai anak muda milenial sampai orang tua.

Lokasi jualan, pakaian bekas sudah lama ada di Pasar Terong, tapi kalo dia baru 4 tahun terakhir ini. Pembeli cakar dari kalangan anak muda mulai ramai dua tahun terakhir.

Stok pakaian bekas itu menurut Linda
dibeli per ball dari distributor, distributornya itu banyak, dia sendiri biasanya ambil ball yang dari Batam, karena biasanya banyak dan beragam mereknya.

Keuntungan didapatkan dari berjualan pakaian bekas juga tidak main-main, namun keuntungannya terkadang tidak menentu.

Menurut Linda bicara tentang keuntungan memang besar tapi terkadang juga kecil sekali, saya pernah dapat paling besar itu satu bulan Rp 10 jt, tapi itu tidak menentu tergantung bagaimana barang yang kita punya dipasarkan, ungkapnya.

Pasar terong sendiri buka setiap hari namun menurut ibu Linda untuk yang mencari barang bekas disarankan datang hari Kamis,Jumat,Sabtu.

“Kalo mauki cari cakar datangki di hari Kamis, Jumat,Sabtu, karena biasanya di hari itu rata-rata penjual buka barang baru”. tegasnya.

Pada lapak lapak penjual pakaian bekas di Pasar Terong, rata rata satu potong pakaian bekas dibadrol harga perpotong antara Rp 30.000 – Rp.50.000.***

Laporan: Muhammad Hadjar Aswad
Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar

Exit mobile version