Mengenal Tiga Maskapai Asing Yang  Akan Terbang di Langit Indonesia

Ilustrasi maskapai penerbangan scoot (int)

INIPASTI.COM, JAKARTA – Pemerintah sedang mewacanakan untuk mengundang maskapai asing masuk ke Indonesia, sebagai upaya untuk dapat menekan tiket pesawat domestik yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

Ada tiga maskapai asing, yang santer disebut akan masuk dan berkompetisi dalam pasar dalam negeri , setelah sebelumnya maskapai Air Asia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyebutkan masuknya maskapai asing diharapkan mampu meningkatkan iklim kompetisi serta menurunkan harga tiket yang melambung.

“Jadi spiritnya gini lah, jadi spiritnya bukan asing tapi kompetisi. Air Asia sudah, tinggal menambah saja. Yang ada apa itu, Scoot sama siapa ada tiga itu yang baru,” kata Budi Karya, beberapa waktu lalu.

Hadirnya maskapai asing ini diharapkan, akan mampu mendongkrak persaingan dan membuat maskapai domestic menurunkan harga jual tiketnya. Namun, Budi mengaku tidak memasang target spesifik terkait penurunan harga pasca-masuknya maskapai asing.

Baca Juga:  Ini Yang Bikin Ribuan PNS Pemprov Belum Terima Gaji

Maskapai asing yang digadang-gadang meramaikan industri penerbangan dalam negeri adalah Scoot, sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier/LCC) milik Singapore Airlines (SIA) Group.

Scoot telah mengoperasikan 24 unit pesawat airbus 320s dan 16 Boeing 787 Dreamliners. Scoot sudah lebih dulu membuka rute internasional yang terhubung dengan sejumlah kota seperti JakartaSurabaya, dan Palembang sebelum sepenuhnya masuk ke pasar domestik.

Selain itu ada Jetstar , satu maskapai asing yang bakal melayani rute domestic, Maskapai bertarif rendah berasal dari Australia.

Saat, ini Jetstar melayani lebih dari 70 penerbangan per pekan, dari Singapura ke Indonesia dan sebaliknya. Bahkan, maskapai ini telah menambah 21 layanan ke beberapa rute  Singapura maupun Indonesia, seperti Jakarta, Bali, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Baca Juga:  KSPSI Harap UMP Sulsel 2017 Naik 20 Persen
ilustrasi penerbangan Jetstar, (internet)

Selain Scoot dan Jetstar, maskapai yang sudah cukup lama bergelut di industri penerbangan di Indonesia dengan tarif murah yaitu Air Asia akan menambah rute domestick, yang direncanakan bakal membuka layanan domestik. AirAsia sudah lama meramaikan penerbangan Indonesia.

Air Asia mulai meramaikan pasar Indonesia, setelah mengakuisisi PT Air Wagon Internasional pada 2004. Pesawat Airbus A320-200 terbang di berbagai kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bali, Medan, dan Surabaya.

ilustrasi penerbangan Air Asia (int)

(Iin Nurfahraeni/Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.