NasDem Gerus Kursi Ketua DPRD yang Dikuasai Golkar di Sulsel

Ilustrasi (bendera NasDem dan Golkar).

INIPASTI.COM, MAKASSAR, – Partai NasDem berpotensi gerus kursi ketua DPRD di sejumlah Kabupaten/Kota yang dikuasai oleh partai Golkar.

Golkar yang sebelumnya mengusai kursi ketua DPRD di 16 Kabupaten/Kota akan tergerus dengan kekuatan partai NasDem yang sebelumnya tak memiliki kursi ketua DPRD di Sulsel.

Inline Ad

Dari jumlah 16 kursi ketua di Pileg 2014, kini Golkar berpotensi hanya mengusai 9 daerah yang didominasi oleh kursi Golkar seperti Lutra, Lutim, Enrekang, Parepare, Maros, Makassar, Jeneponto, Selayar, dan Bone.

Sementara daerah yang pernah dikuasai partai Golkar seperti Kabupaten Gowa, Sidrap, Barru, Pangkep, Palopo, Takalar, Bulukumba, dan Luwu, terancam akan direbut oleh partai lain.

Baca Juga:  Pasca Diresmikan IYL, Begini Aktivitas di "Rumah Kita"

NasDem yang sebelumnya tak punya kursi ketua, namun Pileg kali ini diprediksi bakal menguasai 5 kursi ketua DPRD di daerah Sidrap, Barru, Pangkep, Torut, dan Palopo.

Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif menyebutkan partainya berpotensi mendapat 6 kursi ketua DPRD Kabupaten/Kota termasuk Makassar yang bersaing ketat dengan Golkar.

Sementara untuk Kabupaten Bulukumba, peraih suara terbanyak adalah partai NasDem, tapi yang berpotensi menduduki kursi ketua yakni PPP sebagai peraih kursi terbanyak.

“Menang suara (NasDem). Tapi PPP yang ketua,” kata Syahar sapaan Syaharuddin, kepada Inipasti.com saat dihubungi, Kamis 2 Mei 2019.

Baca Juga:  NH Mundur Kalau Tidak Didukung

Sementara Partai Gerindra diprediksi mendapat kursi ketua DPRD di 4 daerah yakni Gowa, Sinjai, Toraja, dan Soppeng. Sedangkan PPP berpotensi kuasai 3 yakni Bantaeng, Bulukumba, dan Luwu. PKS 1 daerah Takalar begitu juga PAN hanya Wajo dan Demokrat Kabupaten Pinrang.

(Muh. Seilessy)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.