Nyamuk Membunuh Lebih Banyak Orang Setiap Hari Dibanding Hiu selama 100 Tahun

INIPASTI.COM, Ikan hiu dikenal sebagai salah satu hewan pembunuh di lautan. Namun dibanding nyamuk, hiu ternyata tak ada apa-apanya.

Perbandinganya, secara global nyamuk dapat membunuh lebih banyak orang dalam sehari dibanding ikan hiu selama seabad, sebagaimana cuitan Bill Gates di Twitter pada peringatan hari nyakum sedunia 2018 lalu, dilansir oleh www.weforum.org.

Inline Ad

Penyakit yang ditularkan nyamuk, seperti malaria, demam berdarah, dan Zika, menjadikan mereka salah satu hewan paling mematikan di dunia, yang bertanggung jawab atas jutaan kematian.

Sebuah laporan yang dirilis awal tahun ini juga menunjukkan bahwa perubahan iklim hanya akan memperburuk masalah. Kisaran dua spesies kunci penyebaran penyakit – Aedes aegypti dan Aedes albopictus – diatur untuk berkembang secara signifikan pada pertengahan abad ini.

Sumber: weforum.org

“Jika tidak ada tindakan yang diambil untuk mengurangi laju saat ini di mana iklim sedang memanas, kantong habitat akan terbuka di banyak daerah perkotaan dengan sejumlah besar individu yang rentan terhadap infeksi,” jelas Moritz Kraemer, ilmuwan penyakit menular dari Universitas Oxford.

Hari Nyamuk Sedunia diadakan pada tanggal 20 Agustus setiap tahun – peringatan penemuan Sir Ronald Ross bahwa nyamuk betina menularkan malaria di antara manusia. Dia dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1902 untuk karyanya tentang penyakit. (W)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.