Pabrik Gula Bone dan Camming Benahi Strategi Kinerja

INIPASTI.COM, MAKASSAR-Pucuk pimpinan di unit usaha PTPN XIV dirombak awal tahun 2021 oleh Board Of Management (BOM) PTPN XIV, Makassar. Perubahan tersebut saat ini masih terbatas pada pabrik gula (PG), akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan dilakukan juga di Unit Aneka Tanaman milik PTPN XIV.

Setelah dilaksanakan serah terima fisik jabatan manajer PG Takalar, maka pada tanggal 25 Januari 2021 dilaksanakan serah terima fisik jabatan manager PG Camming yang disusul PG Bone pada tanggal 26 Januari 2021 di unit usaha masing-masing. Untuk manager Pabrik Gula Camming dipegang oleh Ir H A Arwan Arief. Sementara itu, H Aminuddin ditunjuk sebagai manager baru di Pabrik Gula Bone.

Inline Ad

Arwan Arif membeberkan strategi yang dibuat. Dia mengatakan ada lima strategi dengan fokus terhadap aset perusahaan yaitu aset on farm, aset off farm dan aset SDM (Sumber Daya Manusia).
“Dari ketiga aset tersebut yang paling tinggi nilainya adalah aset SDM,” ujarnya, Selasa (26/01/21).

Baca Juga:  Garuda Indonesia Pastikan Pelayanan Penumpang Sesuai Protokol Kesehatan

Lima strategi yang dibuat versi manager baru PG Camming, Arwan Arif, adalah :
Pertama, menurutnya karyawan PG Camming harus memiliki etika dan moral yang mencerminkan kejujuran. Selain itu, Arwan Arief akan berpegang teguh core values BUMN, AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).


” Kita harus bangun dulu kepercayaan kepada karyawan. Karyawan harus yakin dulu mengenai integritas pimpinannya. Integritas yg paling utama seorang pemimpin adalah kejujuran. Saya harus bersumpah di depan karyawan saat upacara. Sumpah itu bukan main-main,” ujar Anwar Arif, Selasa (26/01/21).


Strategi kedua yang telah disusun adalah mengembalikan semangat kerja karyawan. Semua itu bermuara pada perbaikan lingkungan kerja karyawan dan termasuk kebersihan di tempat kerja.

” Ketiga, saya berharap dapat diterapkan Reward and Punishment tanpa pandang bulu. Prinsinya bila kita pada posisi benar, satu jengkalpun kita tidak akan mundur siapapun orgnya,” harapnya, Selasa (26/01/21).

Baca Juga:  Pertamina Foundation Bersama Universitas Pertamina Buat Posko Mobile Bagi Korban Bencana Sumba Timur


Keempat, Arwan Arief akan membangun sinergitas dengan seluruh lini. Dia memberikan contoh, seperti tokoh masyarakat, Pemda setempat dan lainnya. Hampir semua regulasi perjanjian PTPN banyak berhubungan dengan pemerintah daerah.


“Terakhir, masuk ke teknis baik di on-farm maupun di off-farm. Ini berkaitan dengan teknis seperti ini terlalu panjang penjelasannya,” tutup Anwar Arif, Selasa (26/01/21).

Di sisi lain, H Aminuddin telah memiliki strategi untuk keberhasilan PG Bone dengan melaksanakan sulam kebun secara frontal, mengaplikasikan blotong sebagai kompos (pupuk), perbaikan drainase, pengendalian gulma dan pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) pada Tebu, seperti tikus, babi dan sapi.


“Intinya itu. Saya akan meneruskan program dari manager sebelumnya. Program yang masih belum oke disempurnakan. Saya harap kita semua dapat menjadi tim yg solid untuk kesuksesan PG Bone di tahun mendatang. Kedepannya mari bersama-sama kita bekerja untuk PG Bone yang lebih baik lagi,” H Aminuddin, Selasa (26/01/21).

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.