Panggung Politik Parpol Baru di Pilgub Sulsel

Agus AN, IYL dan NA

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Partai Politik (Parpol) baru bakal memainkan peran di Pilgub Sulsel. Meskipun tidak bisa mengusung, namun parpol baru saat ini telah melirik pasangan kandidat yang akan didukung di perhelatan yang digelar 2018 itu.

Selain fokus merampungkan infrastruktur partai hadapi verifikasi KPU. Sejumlah parpol baru juga menunggu sikap resmi DPP terkait pasangan kandidat yang akan didukung di kontestasi Pilgub nanti.

Ketua DPW Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan mengatakan sejauh ini ada 4 kandidat yang dilirik oleh partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu di Pilgub Sulsel. Hanya saja pihaknya masih belum melakukan komunikasi politik dengan para kandidat. Alasannya pihaknya saat ini masih konsentrasi rampungkan struktur partai hingga ke tingkat kelurahan.

“Untuk figur saya kira 4 orang, Namun kami belum mengarah ke siapa-siapa. Karena kita masih fokus pada verifikasi. Kita di Perindo ingin memberikan dukungan bukan saja diatas kertas, tapi ada dukungan dari semua struktur partai yang telah dibentuk,” ujar Sanusi saat dihubungi, Rabu (13/9).

Baca Juga  Mantan Wakil Bendahara Golkar Sulsel Solidkan Basis Dukung IYL-Cakka

Ia menyebutkan dukungan resmi dari DPP Perindo paling lambat dikeluarkan pada Februari 2018 nanti, setelah dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu 2019 mendatang. Sehingga dukungan tersebut, bisa ditindaklanjuti oleh struktur partai di tingkat bawah.

“Kami masih menunggu setelah selesai ini (Verifikasi) karena sejak awal di berikan waktu untuk menyelesaikan infrastruktur hingga selesai proses verifikasi. Kita harap setelah verifikasi bulan 2 paling lambat sudah ada sikap kita di Pilgub. Jika kita lolos sebagai peserta pemilu. Maka lebih bermanfaat dukungan itu karena ada kerja-kerja dari pengurus partai nanti,” tutur Sanusi.

Berbeda dengan Perindo, Partai Berkarya lebih awal telah menentukan sikap kepada pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di Pilgub.

Baca Juga  Anggaran Pilgub Sulsel 2018 Meningkat 2 Kali Lipat

Ketua DPW Partai Berkarya Susel, HM Patabai Pabokori mengungkapkan dukungan partainya kepada bakal Calon Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo (IYL) dan Andi Mudzakkar (Cakka), sifatnya final.

Patabai yang tak lain mantan Bupati Bulukumba dua periode mengaku, Partai Berkarya Sulsel siap bergabung dalam gerbong Punggawa Macakka, sapaan yang melekat untuk pasangan IYL-Cakka.

Sehingga, ia optimis untuk sesegera mungkin melengkapi persyaratan Partai Berkarya agar dapat lulus pada tahap verifikasi nantinya. Hal itu agar dukungan Partai Berkarya ke IYL-Cakka dapat lebih optimal kedepannya.

“Saya pribadi sangat mendukung beliau (IYL), cuma kan partai kami ini masih dalam tahap pengujian verifikasi faktual. Jadi saya tidak bisa beri banyak komentar. Nanti tanggal 1 Oktober KPU akan melakukan penelitian berkas, diperiksa itu apakah partai ini sudah memenuhi persyaratan minimal itu 75% sudah ada pengurus di provinsi atau juga di kecamatan,” jelasnya.

Baca Juga  15 Mei, Golkar Bahas Penjaringan Pilkada 12 Kabupaten/Kota

Menurut dia, setelah ada kepastian dari KPU soal partainya, baru dibuatkan sikap resmi, termasuk strategi yang dijalankan dalam memenangkan IYL-Cakka.

“Nanti kalau sudah lolos itu di bulan 12 baru ada kepastiannya. Baru ada pernyataan resmi kita buatkan. Tapi kalau saya ditanya selaku ketua yah saya mendukung pak IYL,” lanjut Patabai.

Kendati demikian, saat ini Partai Berkarya  sudah  memberikan imbauan kepada seluruh kadernya di Sulsel untuk sama-sama memenangkan IYL-Cakka. “Untuk saat ini kita baru hanya sekedar himbauan kepada DPD untuk mendukung Pak IYL di Pilgub,” terang Patabai. (Muh. Seilessy)

Leave a Reply