Pastikan Tak Muncul Klaster Saat Sekolah, Guru Akan Jalani Tes Swab

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim telah mempersilahkan daerah membuka sekolah tatap muka pada tahun depan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan berlaku.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini, Dinas Pendidikan Sulsel membuat program tes swab yang diperuntukkan untuk  guru.

Inline Ad

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, hadir langsung melaunching program pertama di Indonesia, yakni swab massif.

Swab massif ini merupakan langkah dari Pemprov Sulsel untuk memastikan bahwa seluruh guru se Sulsel sehat dan aman bagi anak-anak didik di SMK, SMA dan SLB.

“Hari ini kita akan mulai launching swab kepada seluruh sekolah dan akan dilanjutkan di seluruh Sulsel. Itu untuk membuktikan bahwa kita betul-betul meyakinkan anak-anak kita, bahwa guru-guru kita itu sehat, termasuk juga orangtua, karena kita tahu orang tua punya kekhawatiran yang luar biasa,” kata Nurdin Abdullah, di Hotel Gammara, Senin (30/11)

Baca Juga:  Stok Beras Sulsel Aman Hingga 37 Bulan

Ia menjelaskan, untuk persiapan tes PCR tersebut merupakan sinergi antara Dinas Pendidikan Sulsel dengan Dinas Kesehatan Sulsel, Kabupaten Kota se-Sulsel, dan seluruh Forkopimda yang ada.

“Kami bersama seluruh Forkopimda yang ada mempersiapkan guru-guru kita dengan melakukan swab tes PCR, untuk memastikan bahwa guru-guru kita sehat, karena ini akan menghadapi anak-anak kita,” ungkapnya.

Selain itu, Nurdin Abdullah menambahkan tes swab PCR ini juga merupakan salah satu persiapan berdasarkan intruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Baca Juga:  Tim Terpadu Amankan 17 'Pak Ogah' Dijalan

“Menteri Pendidikan meminta kepada kita untuk menyiapkan sekolah tatap muka di Bulan Januari,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri, menambahkan, launching tes swab masif ini merupakan langkah Dinas Pendidikan Sulsel untuk memastikan seluruh anak didik aman memasuki sekolah tatap muka.

“Kita akan melakukan launching swab massif untuk guru-guru di sekolah dan untuk memastikan anak-anak kita sehat di saat masuk sekolah tatap muka,” tutupnya.

(Iin Nurfahraeni)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.