Paus Fransiskus: Homoseksual Berhak Punya Keluarga

INIPASTI.COM, JAKARTA– Paus dukung ikatan sipil pasangan sesama jenis dalam wawancara terkait film dokumenter “Francesco” yang tayang pada Festival Film Roma, Rabu (21/10).

Paus menuturkan dalam sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Evgeny Afineevsky. Civil union atau ikatan sipil menjadi dasar kuat dalam mempermudah kaum sesama jenis dapat menjalani kehidupan baru.

Inline Ad

Sementara itu, civil union sendiri merupakan ikatan sipil antara dua orang yang diakui atau disahkan oleh negara.

Beberapa negara Eropa dan Amerika Selatan, ini adalah salah satu cara untuk mengesahkan hubungan homoseksual, meski tingkatannya masih berada di bawah pernikahan.

Baca Juga:  Anggota Parlemen AS Inginkan adanya 'Komisi 9/11' untuk Selidiki Krisis Coronavirus

Pandangan Fransiskus soal hubungan sesama jenis ini dinilai berbeda dari doktrin Katolik, tetapi juga menunjukkan pergeseran pemikiran paus itu sendiri.

Sumber: VOA INDONESIA

“Kaum homoseksual punya hak untuk berkeluarga,” katanya dalam film yang tayang perdana Rabu (21/10).

“Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang boleh dibuang atau dibuat sengsara karenanya.

Baca Juga:  Dubes Palestina Dipulangkan ke Negaranya Usai Hadiri Deklarasi KAMI

“Apa yang harus kita buat adalah undang-undang tentang persatuan sipil. Dengan cara itu mereka dilindungi undang-undang.”


Meski banyak yang memuji, pernyataan ini mengundang kritik dari pihak gereja dan ia diminta mengklarifikasi pernyataannya.

(Dirga)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.