Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Al-Abrar Berlangsung Tertib

Top Ad

INIPASTI.COM – Pelaksanaan Sholat idul Adha 1442 H, di Masjid Besar Al-Abrar Jalan Sultan Alauddin No 82 Makassar berlangsung tertib.

Jamaah yang datang dengan memakai masker, kemudian di pintu masuk mengikuti pemeriksaan suhu badan, dikoordinir remaja masjid, dan pelaksanaan sholat dengan memakai jarak diantara jamaah, ditandai dengan tanda silang.

Inline Ad

Dr. Anshar Phane, MA yang bertindak selaku khatib dalam khutbahnya menyampaikan tentang “Hikmah berkurban di tengah pandemi Copid-19” bertindak selaku imam, Ustaz Lahamuddin, S.Ag Dg Gassing, merupakan imam rawatib pada Masjdi Besar Al-Abrar Makassar.

Dalam bagian lain khutbahnya, Anshar Phane mengatakan, ditengah suasana pandemi Copid-19, ibadah qurban lebih bermakna dan terasa bagi masyarakat ekonomi lemah.

Selama pandemi, berbagai sektor tak terkecuali sektor ekonomi ikut terkena imbas, banyak masyarakat yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, karena kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian, “tuturnya.

Sementara itu, ketua panitia Idul Adha Masjid Al-Abrar, Letkol (Purn) Dr.Purnomo Dg Bani melaporkan, hingga hari puncak pelaksanaan sholat Idul Adha, telah terkumpul 17 ekor sapi, dengan rincian 14 ekor merupakan kumpulan dari para jamaah, dua ekor kiriman dari Direktur Klinik Orbita dan satu ekor dari pemilik rumah makan Mbak Daeng yang bertetangga dengan Masjid Besar Al-Abrar.

Selain itu. terdapat 4 ekor kambing yang akan disembelih pada hari kedua, untuk memenuhi permintaan para warga pendatang yang datang meminta daging qurban.

Adapun pola penyaluran tahun ini, setelah di potong melalui “Kandang Bahagia” selanjutnya dilakukan pencacahan, lalu diantar ke rumah para calon penerima daging qurban, yang daftarnya sudah diterima melalui ketua ORT dan ORW, pada kawasan Masjid Besar Al-Abrar, sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Ketua Masjid Al-Abrar, H. Hilal Kadir didampingi sekretarisnya H.Syakhruddin.DN menyampaikan terima kasih, kepada para jamaah yang datang dengan memakai masker.

Bersedia melalui pemeriksaan suhu dipintu masuk, serta duduk sholat dengan menjaga jarak, semua ini adalah upaya dalam mengedukasi warga, untuk tetap memerhatikan protokol kesehatan di era pandemic Copid-19.

Usai pelaksanaan sholat Idul Adha, pengurus dan jamaah berfose sejenak bersama Khotib Anshar Phane, MA.

Selanjutnya, secara tertib meninggalkan masjid dan pada Pukul 09.00 wita akan dilakukan pemotongan hewan qurban disaksikan oleh para pengurban (syakhruddin)

Bottom ad

Leave a Reply