Pelantikan Empat Bupati Masih Terkendala SK

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pelantikan empat Bupati dan Wali Kota beserta wakilnya  di Sulawesi Selatan sampai saat ini belum jelas. Sampai hari ini, (Senin, red) Pemerintah Provinsi Sulsel belum memberikan kepastian jadwal pelantikan hasil pilkada serentak.

Menurut Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan  jadwal pelantikan terkendala dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri. Pihaknya masih menunggu SK keempat Kepala daerah ini untuk melakukan pelantikan di Makassar.

Inline Ad

“Kami bergantung dengan SK Kemendagri. Kalau sudah turun  segera kita persiapkan pelantikan, bagaimana mau disiapkan kalau belum ada SK,” kata Nurdin usai memimpin upacara Hari Perhubungan Nasional, di Pelabuhan Paotere, Senin (17/9/2018).

Ia  menyebutkan pelantikan empat kepala daerah ini dipastikan akan dilakukan bulan September. Ini sesuai dengan arahan dari Kemendagri.

“Kita ada dua event dalam waktu dekat ini, pembukaan Porda (Pekan Olahraga Daerah) di Pinrang dan pelantikan Bupati-Walikota,” jelasnya.

Terpisah, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono mengungkapkan SK tiga kepala daerah telah rampung, yaitu Kabupaten Bone, Sinjai dan Kota Palopo. Sementara untuk SK Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng belum selesai.

“Ini masih menunggu Bantaeng, mungkin dalam dua hari ini selesai.  Dari awal sudah agak lambat, plus berkas ada masih kurang sehingga tertinggal dari yang lainnya. Kelengkapan berkas usulan, ada satu lembar yang tertinggal saja,” ungkapnya.

(Iin Nurfahraeni)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.