Pelindo IV Lepas Ekspor Langsung ke China

Salah satu kontainer yang mengangkut komoditas kayu merbau siap ekspor ke China melalui Makassar (Istimewa)

INIPASTI.COM, SORONG – PT Pelindo IV (Persero) melepas  ekspor perdana secara langsung dari Pelabuhan Sorong ke China, untuk komoditas Kayu Merbau. 

Sebelumnya, Pelindo IV telah sukses dengan direct export (ekspor langsung) dari empat pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI), Pantoloan, Jayapura, Bitung dan Balikpapan.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan dalam ekspor langsung perdana tersebut, CV. Sorong Timber Irian (Alco Timber Group) mengirim sebanyak 30 TEUs berisi komoditas unggulan, Kayu Merbau ke Shanghai, China melalui Pelabuhan Makassar.

Baca Juga  PT Jamkrida Sulsel Akhirnya Resmi Beroperasi Sebagai PPKD

“Pelepasan ekspor ini merupakan yang kelima dari KTI yang dilakukan Pelindo IV. Kami sudah eskpor langsung dari empat pelabuhan lainnya, yaitu Pelabuhan Pantoloan di Palu, Pelabuhan Jayapura di Papua, Pelabuhan Bitung di Sulut dan Pelabuhan Balikpapan di Kalimantan Timur,” kata Doso, Selasa kemarin.

Melalui pelabuhan Sorong, Komoditas unggulan Kayu Merbau yang memang banyak diincar konsumen di China. Dikirim menggunakan perusahaan pelayaran lokal, PT Salam Pacific Indonesia Lines atau yang lebih dikenal dengan PT SPIL.

Baca Juga  Anggaran Belanja Pegawai 2017 Meningkat

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan. Kegiatan itu juga dihadiri beberapa pejabat setempat antara lain, Wali Kota Sorong, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong, Natanael, KSOP Kelas I Sorong, Bea Cukai Sorong, Karantina Sorong Kapolres Sorong Kota, Kapolres Sorong PT SPIL dan Direktur CV. Sorong Timber Irian (Alco Timber Group), Henoch Budi Setiawan.

Baca Juga  Penyaluran KUR BRI Capai Rp 1,7 Triliun

Doso berharap dengan ekspor langsung ini akan menguntungkan para pengusaha ini, sehingga hasilnya dapat lebih maksimal karena sisi anggaran tentu ada biaya yang ditekan. 

Seperti diketahui, Kayu Merbau memang berasal dari wilayah timur Indonesia, utamanya di Papua. (Iin Nurfahraeni)

Leave a Reply