Peluang 3 Kandidat di Pilwalkot, Ini Hasil Potret General Survei Indonesia

Ngobrol politik dengan tema Menakar Peluang Kandidat Pilwalkot Makassar 2020 di Warkop 212 Toddopuli, Minggu (1/12/2019).
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Lembaga General Survei Indonesia mempublis hasil survei yang dilakukan pada tiga kandidat yang perpeluang besar maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020 mendatang.

Survei yang dilakukan pada 8-18 November ini dengan menggunakan multistage random sampling dengan jumlah responden 800 orang disetiap kelurahan di Makassar dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin eror 3,5%.

Direktur Eksekutif PT General Survei Indonesia Herman Lilo menjelaskan survei yang dilakukan ini calon kandidat petahana Mohammad Ramdhan Danny Pomanto masih unggul secara popularitas atau keterkenalan yakni sebesar 92,6%, disusul Munafri Arifuddin 88,8% dan Syamsu Rizal 88,2%.

Baca Juga:  Tahun Baru Imlek, Cakka Berbaur dengan Komunitas Tionghoa

Sedangkan untuk survei elektabilitas atau tidak keterpilihan Danny Pomanto sapaan akrab Mohammad Ramdhan Pomanto raih 32,4%, disusul Munafri Arifuddin atau Appi sebesar 25% dan Syamsu Rizal alias Deng Ical 14,3%.

“Sementara calon lainnya sekitar 13 nama yang masuk radar survei kurang dari 5%,” kata Herman Lilo memaparkan hasil survei di Warkop 212 jalan Toduppuli, Makassar, Minggu 1 Desember 2019.

Meskipun demikian kata dia masih ada pemilih yang belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya ada sekitar 13%.

Baca Juga:  Simpatisan Appi-Cicu Nyaris Ricuh di Depan KPU kota Makassar

Ia menjelaskan kekuatan Danny Pomanto mulai tergerus perlahan-lahan. Hal ini disebabkan karena ia tak menjabat lagi sebagai Wali Kota sehingga tak bisa memobilisasi ASN seperti 2018 lalu.

“Dengan hasil ini jika Appi-Deng Ical berpaket maka ini menjadi peluang sangat besar untuk menang,” ucapnya.

(Muh. Seilessy)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.