Peluang 3 Kandidat di Pilwalkot, Ini Hasil Potret General Survei Indonesia

Ngobrol politik dengan tema Menakar Peluang Kandidat Pilwalkot Makassar 2020 di Warkop 212 Toddopuli, Minggu (1/12/2019).

INIPASTI.COM, MAKASSAR, — Lembaga General Survei Indonesia mempublis hasil survei yang dilakukan pada tiga kandidat yang perpeluang besar maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020 mendatang.

Survei yang dilakukan pada 8-18 November ini dengan menggunakan multistage random sampling dengan jumlah responden 800 orang disetiap kelurahan di Makassar dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin eror 3,5%.

Inline Ad

Direktur Eksekutif PT General Survei Indonesia Herman Lilo menjelaskan survei yang dilakukan ini calon kandidat petahana Mohammad Ramdhan Danny Pomanto masih unggul secara popularitas atau keterkenalan yakni sebesar 92,6%, disusul Munafri Arifuddin 88,8% dan Syamsu Rizal 88,2%.

Baca Juga:  Respons Prabowo, Jusuf Kalla Akui Ada Kebocoran Anggaran Pemerintah

Sedangkan untuk survei elektabilitas atau tidak keterpilihan Danny Pomanto sapaan akrab Mohammad Ramdhan Pomanto raih 32,4%, disusul Munafri Arifuddin atau Appi sebesar 25% dan Syamsu Rizal alias Deng Ical 14,3%.

“Sementara calon lainnya sekitar 13 nama yang masuk radar survei kurang dari 5%,” kata Herman Lilo memaparkan hasil survei di Warkop 212 jalan Toduppuli, Makassar, Minggu 1 Desember 2019.

Meskipun demikian kata dia masih ada pemilih yang belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya ada sekitar 13%.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Pendukung SK-HD Banjiri Marbo

Ia menjelaskan kekuatan Danny Pomanto mulai tergerus perlahan-lahan. Hal ini disebabkan karena ia tak menjabat lagi sebagai Wali Kota sehingga tak bisa memobilisasi ASN seperti 2018 lalu.

“Dengan hasil ini jika Appi-Deng Ical berpaket maka ini menjadi peluang sangat besar untuk menang,” ucapnya.

(Muh. Seilessy)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.