Peluncuran Buku Manajemen Diklat Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit

INIPASTI.COM, Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) meluncurkan buku berjudul “Manajemen Diklat Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit”. Kegiatan yang dirangkaikan dengan pameran buku virtual berlangsung mulai pukul 10.00 Wita melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (21/11).

Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K)., menjelaskan bahwa buku ini merupakan hasil kerjasama dengan EGC sebagai penerbit buku kedokteran. Karya ini merupakan implementasi dari semangat para sivitas akademika FKG Unhas dalam melakukan pengembangan literasi. Sejauh ini telah dipersiapkan 6 buku dalam proses penerbitan.

Inline Ad

Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak yang membantu dalam penyusunan buku tersebut. Dengan adanya buku ini, drg. Ruslin berharap dapat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat maupun praktisi kesehatan tentang pentingnya manajemen diklat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Muh. Restu., MP. Dalam sambutannya, beliau memberi apresiasi atas langkah FKG Unhas untuk menerbitkan buku ini. Hal ini merupakan bagian dari upaya mendukung universitas dalam menyediakan sumber belajar sekaligus melengkapi dan memperkuat reverensi bacaan mahasiswa Unhas secara khusus dan masyarakat secara umum.

Baca Juga:  Unhas Akan Selenggarakan LKTM Tingkat Nasional Bidang Kemaritiman

“FKG sangat aktif melakukan kegiatan yang menunjang proses pembelajaran. Hadirnya buku ini tentunya akan menambah pemahaman dan wawasan mengenai layanan rumah sakit yang responsif dan inovatif,” jelas Prof Restu.

Diakhir sambutannya, Prof Restu berharap hal seperti ini dapat terus ditingkatkan sebagai wujud keterlibatan Perguruan Tinggi dalam menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas melalui karya penelitian maupun tulisan.

Usai pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan isi buku oleh para penulis.

drg. Fuad Husain Akbar, MARS., Ph.D., sebagai salah satu penulis menjelaskan buku ini hadir sebagai bentuk keresahan atas hasil survey yang dilakukan mengenai layanan kesehatan rumah sakit baik swasta maupun pemerintah.

Baca Juga:  STISIP Veteran Palopo Terbitkan 56 Buku Ajar Mata Kuliah

Buku ini terdiri dari empat bab yang masing-masing memuat tentang kepemimpinan, konsep manajemen organisasi, manajemen pelayanan kesehatan dan model rancangan pelatihan serta didukung beberapa contoh lampiran seperti kurikulum, instrumen, jenis dan mutu diklat.

Penulis lain yakni Prof. Dr. drg. Hasanuddin Tahir, MS., Sp.Perio(K)., menambahkan buku ini hadir sebagai pemantik dan merupakan hasil riset terhadap kepuasaan masyarakat mengenai layanan rumah sakit. Dimana, tingkat kepuasaan sangat mempengaruhi kinerja dari Rumah Sakit tersebut. Olehnya itu, sangat penting manajerial diklat dilakukan.

Penjelasan mengenai isi buku ditutup oleh oleh Dr. M. Ali Latief selaku editor. Menurutnya, buku ini bermanfaat sebagai referensi yang kuat dalam peningkatan pemahaman wawasan pengetahuan tentang manajerial diklat karena berisikan penjelasan detail tentang kualitas pelatihan yang baik dan efektif sebagai salah satu bahan rujukan.

Baca Juga:  Tautoto Tantang Mahasiswa KKN Unhas

Kegiatan launching buku dan pameran buku virtual berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita.(*/mir)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.