Pemerataan Ekonomi Jadi Alasan Pemerintah Ingin Pindahkan Ibu Kota

Sumber Ilustrasi: Pexels.com
Sumber Ilustrasi: Pexels.com

JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan salah satu alasan pemerintah ingin memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa adalah pemerataan ekonomi. Sebab selama ini, kegiatan perekonomian sangat terpusat di Jawa.

“Kan ada syarat-syaratnya yang ingin dicapai, pemerintahan yang efektif, tapi terjadi penyebaran. Kegiatan ekonomi bukan hanya di Jawa, industri itu harus di luar Jawa. Maka daripada seluruh syarat itu diputuskan bahwa untuk memenuhi syarat itu ya di luar Jawa,” ucapnya di Istana Wapres pada Selasa (30/4).

Baca Juga:  Seru, Kontes Louhan Makassar

Dia mengungkapkan salah satu syarat ibu kota baru adalah berada di lokasi strategis, tapi tak terlalu padat. Hal itu guna memudahkan koordinasi kerja pemerintahan dan perekonomian.

“Juga lebih nyaman, artinya tidak macet, tidak penuh ribut, sehingga pemerintaha itu mudah dicapai dan karena itu maka kesimpuannya suatu daerah yang penduduknya tidak banyak, jadi di luar Jawa,” kata JK menjelaskan.

Kendati demikian, JK mengatakan bahwa pemilihan lokasi atau daerah untuk dijadikan ibu kota baru belum diputuskan. “Baru dalam tahap studi. Belum ada persiapan fisik karena tempat pun dipilih,” ucapnya.

Baca Juga:  Bupati Poso Silaturrahim Guru Besar Ekonomi Kreatif UNM

Pada Senin lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas pemindahan ibu kota. Dalam rapat tersebut, Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.