Pemkab Apresiasi Pencanangan Zona Integritas di PN Pasangkayu

INIPASTI.COM, PASANGKAYU— Pengadilan Negeri (PN) Pasangkayu mencanangkan pembangunan zona integritas, dalam rangka menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Asisten II Pemkab Pasangkayu Musbar Lasibe, Kepala Kejari Pasangkayu Imanuel Rudy Pailang, Kapores Pasangkayu AKBP Made Ary Pradana, dan sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Asisten II Pemkab Pasangkayu, Musbar Lasibe mengaku mendukung dan mengapresiasi pencanangan zona integritas itu, karena membuat kepercayaan masyarakat  kepada PN Pasangkayu semakin meningkat.

Tidak hanya itu, dengan adanya zona integritas proses pelayanan di PN Pasangkayu semakin transparan, serta segala informasi bisa dikases langsung oleh masyarakat.

“Hal ini juga sesungguhnya telah diterapkan diseluruh jajaran birokrasi pemerintah daerah. Merujuk pada PermenPAN nomor 52 tahun 2014. Tujuanya untuk menciptakan birokrasi yang bersih dan transparan” sebutnya.

Baca Juga:  Danny Dinilai Mampu Hadirkan Nilai Sastra dalam Pembangunan

Sementara Ketua PN Pasangkayu Agus Setiawan menyampaikan dalam mewujudkan zona integritas ini, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan seperti kelengakapan sarana dan prasarana serta pembinaan personil PN Pasangkayu.

Untuk sarana dan prasarana pihaknya telah menyiapkan monitor di ruang lobi kantor yang menyampaikan informasi secara digital tentang jumlah kasus serta proses persidangan yang berlangsung tiap harinya. Tidak hanya itu pihaknya juga menyiapkan sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) yang bisa diakses secara online.

Kemudian pihaknya telah melaksanakan elektronik court (e-court). Yakni sistem pendaftaran perkara secara elektronik, sehingga bisa meminimalisir terjadinya pungutan liar maupun praktek menyimpang lainnya.

Baca Juga:  Danny Ingin Rekatkan Ukhuwah Islamiyah Lewat Jalan Ini

“Pengadilan Negeri Pasangkayu sekarang sudah open (terbuka), transparan, semua disampaikan ke publik, tidak ada lagi ditutup-tutupi” ungkapnya.

Sementara, Kepala Kejari Pasangkayu Imanuel Rudy Pailang mengaku turut mengapresiasi pencanangan zona integritas ini. Ia berharap pencanangan itu betul-betul di implementasikan dan menjadi titik awal perubahan dalam bidang pelayanan di PN Pasangkayu.

“Kami juga sudah menerapkan zona pembangunan integritas ini, bahkan di kami sudah berjalan sejak Januari lalu. Kami sudah mencanangkan kemudian mengadministrasikan, serta melakukan pelaporan berkesinambungan setiap bulan dari enam area perubahan yang harus dilakukan dalam memenuhi pembangunan zona integritas “ terangnya.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.