Pemkot Makassar Gelontorkan Rp98 Juta Demi Smart Camera

Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Untuk mencegah terjadinya tindak kriminal, Pemerintah Kota Makassar akan memasang tiga kamera pintar atau kamera infra red. Untuk titik pemasangannya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan akan didiskusikan dengan Bidang Teknologi Informasi Polda (Polisi Daerah) Sulawesi Selatan. Hal itu diutarakannya saat memantau kondisi kota melalui War Room di Lantai 10 Menara Balaikota, Senin, (31/10/2016).

“Ini untuk mencegah tindak kriminal sehingga mampu meringankan tugas kepolisian dalam menjaga keamanan kota Makassar,” ucap Danny yang didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi (TI) Polda Sulsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Adeni Muhan.

Baca Juga:  Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Iqbal Suhaeb Ingatkan Pentingnya Zakat

Diketahui, Kamera infra red yang dimiliki Pemkot Makassar memiliki daya pantau hingga radius 4 km dan mampu mendeteksi benda tajam sekalipun disembunyikan. Mengenai masalah Titik pemasangannya, Danny mengatakan, akan bicarakan dengan Polda. Karena menurutnya yang paling paham titik rawan tindak kriminal di Makassar adalah pihak kepolisian.

Baca Juga:  Aktif dalam Pembangunan, Rusdi Masse Terima Penghargaan dari Gubernur

Sementara itu, Kabid TI Polda Sulsel Kombes Pol Adeni Muhan memuji teknologi War Room milik Pemkot Makassar yang dapat difungsikan memantau kondisi arus lalu lintas hingga pengamanan kota. “Teknologinya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Polda juga punya tapi tak secanggih milik Pemkot,” ucap Kombes Pol Adeni Muhan.

Baca Juga:  Berhasil Hidupkan Bank Sampah, Makassar Target Adipura Paripurna

Diyakininya, Teknologi War Room kota Makassar akan semakin canggih dengan dioperasikannya tiga kamera pintar buatan Korea Selatan bermerk Samsung itu. Ia pun menganggap, harga per unitnya terbilang murah untuk ukuran smart camera (kamera pintar), hanya Rp98 juta.

Untuk Launching tiga smart camera tersebut, dijadwalkan berlangsung pada 9 November 2016 tepat di usia 409 tahun kota Makassar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.