Pemprov Fokus Kembangkan Wisata Halal

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menerbitkan surat imbauan yang ditujukan kepada pemilik rumah makan, restoran, dan hotel, hingga pengelola destinasi wisata, untuk mendukung destinasi wisata halal.

Surat imbauan tersebut, untuk menindaklanjuti Forum Group Discussion (FGD) Desain Strategi Rencana Aksi (DSRA) yang telah dilaksanakan Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan keluarnya surat imbauan ini agar dapat menyamakan persepsi tentang pengembangan Destinasi Wisata Halal di Indonesia. Termasuk didalamnya produk makanan/minuman, baik di rumah makan maupun di restoran dan hotel/penginapan.

Baca Juga:  Begini Aksi Kapolda Sulsel Saat Tuangkan Air untuk NA

“Diharapkan seluruh owner rumah makan, restoran dan hotel serta pengelola objek wisata agar dapat mendukung dan menerapkan pengembangan Destinasi Wisata Halal di Indonesia,” imbau Andi Sudirman.

Untuk itu, Andi Sudirman berharap semua stakeholder

berharap, semua stakeholder dapat mengakomodir produk halal tersebut pada seluruh aktivitas usahanya masing-masing.

Seperti diketahui, dalam Undang-undang No 33/2014, pasal 1 berbunyi, suatu produk dinyatakan halal jika sesuai dengan syariah islam berupa produk makanan, minuman, kosmetik dan hasil rekayasa genetik yang mencakup juga bahan baku proses pembuatan, pengolahan dan penyimpanan hingga pendistribusian.

Baca Juga:  Gubernur NA Inspektur Upacara Hari Pahlawan di TMP Panaikang

Destinasi wisata halal juga beberapa aturan tambahan. Antara lain, Undang-undang No. 9/1999 tentang perlindungan konsumen, Undang-undang No. 12/2012 tentang pangan, Keputusan Menkes nomor 82/1996 tentang pencantuman tulisan halal pada makanan, dan Keputusan komisi fatwa MUI tentang penetapan produk halal tahun 2006.

(Iin Nurfahraeni)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.