Pemprov Sulsel Ajukan 2 Bendungan Baru Masuk dalam PSN

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Pasca setelah peresmin Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Selasa (23/11) oleh Presiden Joko Widodo, total sudah ada dua Proyek Strategis Nasional yang diresmikan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Inline Ad

Dalam PSN pada Perpres yang baru ada tiga bendungan dan satu pembangunan Irigasi bendung yang masuk di dalamnya, Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, kemudian Bendungan Karalloe di Gowa dan Bendungan Pammukulu di Takalar serta jaringan irigasi Bendung Baliase.

Pemerintah Provinsi Sulsel sendiri, ternyata telah mengajukan pembangunan proyek bendungan baru, yang diharapkan dapat masuk ke dalam PSN lagi nantinya, mengingat anggaran pembangunan bendungan sangatlah besar.

Kepala Bappelitbangda Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan beberapa waktu lalu, telah mengajukan beberapa bendungan, salah satunya Rongkong di Luwu Utara dan satu bendungan di Enrekang, walaupun masih dalam tahap diskusi, yang mendesak itu pembangunan bendungan rongkong.

“Yang mendesak itu rongkong, kalau dibangun dapat berfungsi sebagai pengendali  banjir  untuk daerah yang ada di sekitar aliran sungai  rongkong,  yang alirannya terutama mengalir sepanjang daerah luwu raya, ini akan mengurangi banjir yang terjadi di darah sana,” jelas Darmawan.

Ia mengaku telah mengajukan ini, kepada Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, dan diajukan ke Pusat. ” Kami masih menunggu apakah itu menjadi PSN atau belum, tapi kami berharap bendungam itu merupakan menjadi bagian dari PSN,” paparnya

Darmawan tidak dapat memastikan kapan, bendungan rongkong ini akan mendapat jawaban apakah masuk PSN atau tidak, karena prosesnya masih panjang. “Itu bisa setahun atau kurang, sepanjang itu menjadi bagian yang sudah ketemu kepentingan pusat, provinsi dan kabupaten, tentu kami berharap itu semua bisa disatukan karena sebenarnya percepatan pembenagunan melalui PSN itu sangat dibutuhkan karena pembiayaannya betul di biayai oleh pusat, sementara kami kurang pembiayaan dengan sebesar itu,” katanya lebih jauh.

Sebelumnya Pemprov Sulsel juga telah mengajukan perluasan Bandara Selayar ke dalam Proyek Strategis Nasional, sehingga nantinya bisa mendapat perhatian pembiayaan dari pusat. Apalagi bandara tersebut, dibutuhkan sebagai penunjang akses para wisatawan yang ingin berkunjung ke Selayar.

(Iin Nurfahraeni)

Bottom ad

Leave a Reply