Pemprov Sulsel Akan Buat Kebun Buah Percontohan di Soppeng

Nurdin Abdullah meninjau lokasi yang akan dijadikan kebun buah di Kabupaten Soppeng, Sabtu 23 Maret 2019.

INIPASTI.COM, SOPPENG, – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menjadikan areal 13 hektare di sekitar permandian air panas Lejja, Kabupaten Soppeng, sebagai pusat kebun buah percontohan.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, harus ada lokasi yang menjadi percontohan bagi petani yang bisa menghasilkan buah-buahan.

Rancangan pembangunan perkebuhan buah-buahan itu untuk meningkatkan nilai tambah dan daya tarik wisatawan.

“Kedapan wisatawan yang ke permandian air panas Lejja bisa singgah petik dan belanja buah di kebun ini,” jelas Nurdin Abdullah usai meninjau areal perkebunan.

Mantan Bupati Bantaeng ini di dampingi Kepala Dinas Perkebunan Andi Parenrengi dan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultur Fitriani serta staf terkait perkebunan.

Baca Juga:  Arianto Burhan Harap Pemerintah Lakukan Pendampingan UMKM

“Sekarang wisatawan setelah dari Lejja pulang dengan tangan kosong. Nah setelah ada kebun buah-buahan ini, bisa jadi objek wisata bertambah lagi, bagi wisatawan,” ungkap Nurdin Abdullah saat-saat meninjau langsung lahan untuk kebun percontohan tersebut, Soppeng, Sabtu (23/3).

Menurut dia, banyak hal yang menguntung baik untuk masyarakat setempat maupun untuk pemerintah Provinsi dan Kabupaten Soppeng jika ada kebun tersebut.

“Nanti akan ditanam semua jenis tumbuhan buah-buahan di sekitar area air panas Lejja. Hari ini saya langsung mengajak kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel untuk melihat langsung potensi lahan untuk kebun percontohan buah,”jelasnya.

Baca Juga:  PWI-AJI : Media dan Wartawannya Harus Memiliki Integritas

Nurdin Abdullah menjelaskan, potensi lahan tersebut sangat bisa sekali untuk ditanami beberapa varian tanaman buah-buahan, seperti manggis, mangga, jeruk, buah naga, langsat, rambutan, durian, dan sejumlah tanaman lainya.

(Muh. Seilessy)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.