Pemprov Sulsel Bahas Penyerahan Aset Bandara Soroako

Ilustrasi Bandara Soroako di Luwu Timur (Istimewa)

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Dinas Perhubungan mulai membahas  penyerahan aset Bandara Soroako di Luwu Timur, setelah sebelumnya dilakukan penyerahan hibah pengelolan.

Inline Ad

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel,  Muhammad Arafah menyebutkan ada beberapa  yang dibahas terkait dengan penyerahan aset, antara  Pemprov dan PT Vale Indonesia Tbk, untuk segera di selesaikan dalam waktu dekat.

Menurutnya, ada beberapa point yang akhirnya diputuskan, “Pertama, kami  membahas percepatan pengalihan aset. Masing-masing pemprov maupun PT Vale sepakat dalam waktu dekat diselesaikan. Dan ini berada di Biro Aset, kemudian masalah biaya notaris akan diselesaikan dalam waktu dekat,” kata Arafah, ditemui usai menghadiri rapat bersama, dengan pengelola Bandara, Kamis di Kantor Gubernur , (22/9)

Kemudian, Ia menambahkan ketika semua telah selesai administrasinya maka akan dilakukan penjajakan, untuk  untuk penyerahan ke kementerian perhubungan karena kewenangan penerbangan ada di sana.

“Selanjutnya untuk hal-hal teknis, akan diselesaikan di lapangan,” Paparnya.

Sementara itu, aset yang akan diserahkan yaitu Runway, Kantor, Alat Keselamatan Penerbangan dan aset-aset yang bergerak lainnya.

Ia menambahkan, setelah ini selesai akan diberikan ke Kemenhub supaya kontinyu. “Tahun Depan, PT Vale akan berakhir masa izinnya untuk penerbangan,  tapi bisa diperpanjang,” jelasnya.

Sementara itu,  mengenai masalah subsidi, Arafah menyatakan yang akan memutuskan adalah Kementerian Perhubungan mekanisme akan seperti apa.

“Ini belum ditahu, mekanisme subsidinya seperti di Masamba, Seko – Rampi atau nanti reguler,  atau bisa komersial seperti yang ke Selayar, Toraja,” jelasnya.

(Iin Nurfahraeni)

Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.